Mahasiswa FKIP Unila Raih Juara 1 Hapkido di Ajang Kualifikasi PON Aceh-Sumut XXI

MATALAMPUNG.COM – Mahasiswa Pendidikan Jasmani FKIP Universitas Lampung (Unila), Reza Jasindo Putra, meraih juara 1 pada babak kualifikasi Pekan Olah raga Nasional (PON) Aceh-Sumut XXI dalam cabang olah raga Hapkido kelas under 54 kg. Prestasi ini menandai kesuksesannya dalam ajang olah raga nasional yang diikuti 20 atlet dari 20 provinsi.

Tak hanya Reza, mahasiswa FKIP Unila juga mengukir prestasi lainnya di cabang olah raga Kurash. Julian David berhasil menjadi Juara 1 Kelas -66 kg Putra, Desti Lukman meraih Juara 1 Kelas +70 kg Putri, dan Mariha Salimah menjadi Juara 1 Kelas -57 kg Putri.

Selain itu, FKIP Unila berhasil meraih Juara 1 Uzul/Seni Beregu Putra dan Putri serta Juara 3 Kelas -48 kg Putri yang diraih Friskilia Putri Nadapdap. Dalam cabang olah raga Cricket, Yudha Putra Bimantoro dari FKIP Unila berhasil meraih Juara 2 pada babak kualifikasi PON.

Hapkido merupakan seni bela diri asal Korea yang fokus pada pertahanan diri dengan kelincahan dan kekuatan fisik, menjadi medan pertandingan puncak bagi Reza dan atlet-atlet lainnya yang turun di kelas under 54 kg. Reza berhasil mengatasi tantangan berat untuk menurunkan berat badan sebanyak 3 kg guna berkompetisi dalam kategori tersebut.

Reza mengungkapkan, prestasi ini merupakan pencapaian pertamanya di tingkat nasional setelah sebelumnya meraih sukses di tingkat provinsi. Persiapan yang serius, termasuk latihan di training center selama tiga bulan, mengatur pola makan, latihan, dan tidur dengan disiplin, menjadi kunci kesuksesannya.

Perjalanan menuju kemenangan tidak mudah bagi Reza yang harus melewati empat pertandingan melawan atlet asal Riau, Sulawesi Utara, Jawa Tengah, termasuk final melawan juara satu kejurnas tahun sebelumnya, atlet Jawa Barat.

Meski mengalami cedera di tendon kaki sebelah kiri sehingga membuatnya sulit bergerak dan melakukan tendangan, Reza berhasil bangkit dan meraih kemenangan dengan skor 23-14.

Reza berharap dapat tampil lebih maksimal di PON 2024 mendatang dan membawa nama Lampung meraih juara 1. Ia juga berharap agar Hapkido Lampung dapat meraih juara umum di pertandingan mendatang. (***)

Berita Terkait

Komentar