IIB Darmajaya dan Polinela Tingkatkan Kerja Sama Bidang Tri Dharma dan Kembangkan Pariwisata

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dan Politeknik Negeri Lampung (Polinela) akan meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dalam bidang akademik baik bidang penelitian, pengabdian masyarakat, maupun bidang kemahasiswaan.

Hal itu terungkap saat kunjungan silaturahmi IIB Darmajaya ke Polinela, Selasa (30/5/2023). Pada kesempatan itu, Direktur Polinela Prof. Dr. Ir. Sarono, M.Si., mengatakan formulasi kolaborasi antara Pendidikan Tinggi Vokasi dan Pendidikan Tinggi Akademik sangat baik dilakukan.

“Banyak hal yang dapat dikerjasamakan antara Polinela dan IIB Darmajaya, terutama dalam peningkatakan Angka Partisipasi Kasar (APK) di Lampung yang masih sangat rendah, kalau tidak salah nomor dua terendah di Indonesia,” kata Prof. Sarono.

Pada kesempatan itu, selain dihadiri langsung Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. H. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., rombongan IIB Darmajaya juga dihadiri oleh Wakil Rektor 1 R.Z. Abdul Aziz, S.T., M.T., Ph.D; Wakil Rektor 2 Ronny Nazar, S.E., M.M.; dan Dekan Fakultas Desain, Hukum, dan Pariwisata Dr. Handoyo Widi Nnugroho, S.Kom., M.Kom.

Selain itu, hadir pula Dekan Fakultas Ilmu Komputer Dr. Sutedi, S.Kom., M.Kom.; Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Aswin, S.E., M.M.; Ketua Tim Ad Hoc Marketing IIB Darmajaya yang juga Kaprodi Desain Interior Yan Aditiya Pratama, S.Pd., M.Pd., M.M.; dan Senior Staff Kerja Sama Ketut Artaye, S.Kom., M.T.I.

Sedangkan dari Polinela dihadiri, Dwi Puji Hartono, S.Pi., M.Si. (Wakil Direktur I), Dr. Ir. Beni Hidayat, M.Si (Wadir II), Agung Adi Chandra, S.K.H., M.Si. (Wadir III)), Eko Win Kenali, S.Kom., M.Cs (Wadir IV), dan sejumlah pejabat struktural Polinela lainnya.

“Sekalipun proses pembelajaran antara Polinela dan IIB Darmajaya berbeda, tapi banyak hal yang bisa dikerjasamakan. Mengingat, Polinela pembelajarannya 70 persen adalah praktik, sehingga sangat memungkinkan IIB Darmajaya yang dikenal kampus IT, mahasiswa kami dapat praktikum di kampus biru ini,” kata Prof. Sarono.

Prof. Sarono, juga mengucapkan terima kasih kepada IIB Darmajaya, terutama dalam hal kolaborasi penerimaan mahasiswa baru dan kegiatan akademik lainnya. “Nanti kita bicarakan lebih lanjut dalam hal pertukaran mahasiswa, joint research, ataupun program Darmajaya mengajar,” kata dia.

Sementara, Rektor IIB Darmajaya Dr. Ir. Firmansyah Y. Alfian, MBA., M.Sc., pihaknya berharap ke depan dapat bersinergi dalam pemanfaatan pertanian dan bidang pendidikan lainnya. “Kita ini perlu kolaborasi action bersama-sama. Mudah-mudahan diberikan kebermanfaatan dan perguruan tinggi swasta siap memberikan kontribusi dalam pembangunan Provinsi Lampung,” kata Firmansyah seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Apalagi, kata Firmansyah, IIB Darmajaya saat ini menambah lima prodi baru yaitu, Hukum Bisnis, Pariwisata, Prodi Sains Data, Pendidikan teknologi Informasi, dan Prodi Desain Interior.

Firmansyah sepakat dengan apa yang disampaikan Direktur Polinela agar ke depan Lampung dapat menjadi tujuan wisata pendidikan di Indonesia seperti di Yogyakarta. Guna membangun hal itu, IIB Darmajaya membuka Prodi Pariwisata. “Tujuannya, agar Lampung menjadi tujuan wisata pelajar di Indonesia untuk kuliah di Lampung dan menikmati keindahan alam Lampung yang belum tergali secara optimal,” kata Ketua Aptisi Lampung Wilayah II B-Lampung ini. (RLS/MATA2)

Berita Terkait

Komentar