Dosen Universitas Malahayati Teliti Manfaat Kayu Manis Turunkan Kadar Glukosa pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2

Bandar Lampung. MATALAMPUNG.COM: Dua dosen Prodi Kesehatan Masyarakat, Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati, Nurhalina Sari dan Diah Astika Winahyu, melakukan penelitian tentang manfaat kayu manis dalam menstabilkan kadar glukosa pada penderita Diabetes Mellitus Tipe 2.

Penelitian ini bertujuan untuk menilai pengaruh Kayu Manis (Cinnamomum cassia) terhadap Kadar Glukosa Darah pada Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun 2020, dengan sasaran Penderita diabetes mellitus tipe 2 di kecamatan Kemiling Bandar Lampung.

Tahap penelitian melibatkan uji coba jenis kayu manis Cinnamon cassia merk X yang telah diuji kandungannya di Unit Laboratorium Riset Unggulan – Institut Pertanian Bogor, mendapatkan perizinan dari Puskesmas Kemiling, melakukan pencarian responden untuk kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, memberikan edukasi sebelum penelitian dilakukan dan meminta kesediaan inform consent menjadi responden. Selanjutnya dilakukan pemantauan selama 4 minggu untuk mengetahui efektivitas penggunaan kayu manis dan pemeriksaan kadar glukosa darah setiap minggunya. Hasil publikasi ilmiah dapat dilihat pada https://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.php/juke/article/view/489

Hasil penelitian yang ditemukan menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif antara penggunaan rutin kayu manis dengan penurunan kadar glukosa darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2.

Temuan ini membuka peluang untuk penelitian lebih lanjut dengan berbagai jenis kayu manis yang tumbuh di Indonesia dan penentuan kadar konsumsi harian yang aman untuk penderita.

Nurhalina Sari, sebagai salah satu peneliti, menyimpulkan bahwa kayu manis jenis Cinnamon cassia dapat menjadi alternatif yang berpotensi dalam menurunkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes mellitus tipe 2.

Penelitian ini masih perlu dilakukan pengembangan untuk mendapatkan dosis yang tepat, aman jika dikonsumsi harian dan menghasilkan tingkat efektivitas tinggi dalam menurunkan kadar glukosa darah. (RLS/**)

Berita Terkait

Komentar