Dosen IIB Darmajaya Edukasi Pemasaran Digital kepada Santri Ponpes Hidayatul Mubtadi’in Lampung Tengah

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan pengabdian masyarakat di Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidzul Qur’an Hidayatul Mubtadi’in Seputih Surabaya, Lampung Tengah.

Keempat dosen tersebut yakni Amnah, S.Kom., M.T.I. sebagai Ketua dan anggota terdiri dari Dr. Wasilah, M.T., Dr. Winda Rika Lestari, S.E., M.M., dan Nursiyanto, S.Kom., M.T.I. Pengabdian masyarakat tersebut menekankan kepada “Digitalisasi Pemasaran Hasil Budi Daya Ikan Lele untuk Peningkatan Kesejahteraan Santri pada Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadi’in”.

Ketua Pengabdian Masyarakat, Amnah mengatakan pengabdian masyarakat tersebut merupakan bagian dari Tridarma Perguruan Tinggi. “Pengabdian masyarakat ini merupakan hibah dari kerjasama antara IIB Darmajaya dan Daarul Tauhid (DT) Peduli. Kita ingin Pondok Pesantren dapat mandiri dengan memanfaatkan pengelolaan budidaya ikan lele untuk operasional,” ungkap dia seperti dikutip dari http://darmajaya.ac.id.

Kegiatannya meliputi edukasi bagaimana berternak Ikan Lele melalui pakan dedaunan, lanjut dia, juga bagaimana melakukan pemasaran melalui media digital. “Untuk pesertanya merupakan santri dari Ponpes yang dilakukan pada 20 Oktober 2022 dan 8 Januari 2023,” ujarnya.

Masih kata dia, selama ini pembudidayaan Ikan Lele masih menggunakan pakan pur ataupun pelet. Begitu juga dengan potensi dari hasil panen lumayan besar dan berlebih setelah dikonsumsi sendiri di Ponpes.

“Harapannya santri dapat mengelola dengan baik dari awal pembenihan hingga panen serta pemasarannya,” tutupnya. (RLS/MATA2)

Berita Terkait

Komentar