Unila Gelar Studium Generale Bertajuk Penguatan Karakter Religius dan Kebangsaan

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Pusat Manajemen Mata Kuliah Umum (PM-MKU) Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Universitas Lampung (Unila) mengadakan kegiatan Studium Generale, Sabtu (22/10/2022) di Gedung Serbaguna Unila.

Studium generale bertajuk “Penguatan Karakter Religius dan Kebangsaan” menyasar mahasiswa baru di lingkungan Unila menghadirkan tiga pemateri yakni Dr. Mohammad Bahrudin, M.A., dengan materi Moderasi Beragama, Prof. Dr. Ainul Gani, M.Ag., tentang Penguatan Karakter Religius, dan Dr. Sairul Basri, M.Pd., mengenai Penguatan Karakter Kebangsaan.

Hadir pada kegiatan ini Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., Ketua PM-MKU Dr. Mulyanto Widodo, M.Pd., dan dosen MKU Unila.

Dr. Mulyanto Widodo dalam laporannya mengatakan, studium generale menyasar seluruh mahasiswa baru angkatan 2022 yang hadir secara luring 1.088 orang dan sisanya menghadiri secara online.

“Alhamdulillah setelah dua tahun sebelumnya dilaksanakan secara daring karena pandemi Covid-19, pada tahun ini BP-MKU bisa melaksanakan kegiatan studium generale secara luring,” tuturnya.

Sementara itu Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., mewakili plt. Rektor Unila dalam sambutannya menyampaikan, penguatan karakter religius dan kebangsaan merupakan hal penting yang harus didapatkan mahasiswa Unila.

“Adik-adik mahasiswa, saya ingin menyampaikan betapa pentingnya seorang mahasiswa mendapatkan pendidikan dalam penguatan karakter religius dan kebangsaan selama menempa diri di Unila,” ujarnya.

Sehingga ketika lulus, jiwa nasionalisme saudara akan selalu ada serta mampu memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara, termasuk di dalamnya Provinsi Lampung.

Tentu pembentukan karakter religius dan kebangsaan ini dapat dilakukan jika seluruh komponen stakeholders pendidikan dapat berpartisipasi dan berperan serta, termasuk orang tua dari mahasiswa itu sendiri.

Untuk itu mahasiswa dan dosen ikut membentuk karakter yang baik pada mahasiswa, terutama karakter religius serta menjalankannya dalam kehidupan sehari-hari sesuai norma yang berlaku.

Selain melakukan studium generale pada kegiatan ini juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unila dan Forum Kerukunan Umat Beragama Provinsi Lampung. (***)

Berita Terkait

Komentar