Menuju World Class University, Unila Jajaki Kerjasama Dengan Pennsylvania State University

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Karomani, M.Si., bersama rombongan melakukan penjajakan kerja sama dengan (Penn State University), Amerika, pada Selasa (07/06/2022) waktu setempat.

Kunjungan ini diterima jajaran pimpinan Penn State Global di antaranya Senior Director, Planning and Partnerships Penn State Global Mel White, Director of Development for Penn State Global and International William Shuey, Assistant Director for Global Collaborations Vladislav Likholetov dan Global Outreach Coordinate Rachel Wortham di 410 Boucke Building University Park.

Kepala UPT Pengembangan Kerja sama dan Layanan Internasional (PKLI) Unila Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., mengatakan, kunjungan tim Unila ke universitas ranking 96 di dunia tersebut merupakan langkah besar bagi Unila untuk menjadi universitas global (World Class University).

Adapun penjajakan kerja sama yang dibahas terkait dengan tukar informasi kelembagaan, kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian, serta matching fund di bidang pertanian meliputi pegembangan palm oil dari sawit karet dan cassava, program IISMA, sharing professor, beasiswa, SDGs, dan lainnya.

Penn State University merupakan salah satu universitas terkemuka di Amerika Serikat yang telah membuka tangan untuk bisa bekerja sama dengan Universitas Lampung.

“Intinya, kita akan mengembangkan berbagai riset, pertukaran mahasiswa, pertukaran profesor, publikasi, penelitian, pengembangan teknologi inovasi yang berbasis pada sumber daya seperti SDGs dan potensi pengembangan yang membuat manfaat lebih besar bagi perkembangan pembangunan baik di Lampung, di Indonesia, maupun di Pennsylvania, Amerika,” jelas Dr. Ayi ketika diwawancara melalui sambungan telepon.

Ia menambahkan, Penn State University akan memanfaatkan berbagai peluang yang ada di Unila dan di Indonesia seperti kerja sama SDG’s dan Unila, serta akan memperkenalkan studi budaya Lampung.

“Kunjungan ini disambut baik dan akan ditindaklanjuti dengan diawali implementasi kegiatan. Setelah terbangun implementasi yang baik baru nanti meningkat ke MoU,” ujar Dr. Ayi.

Rektor Unila berharap, semua jajaran lembaga, pascasarjana, fakultas, hingga program studi bergerak dengan rencana dan implementasi yang sinergi mendukung kerja sama dalam rangka internasionaliasi Unila.

Selain menggelar pertemuan, rombongan Unila di antaranya Wakil Rektor Bidang PKTIK Unila Prof. Ir. Suharso, S.Si., M.Si., Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Heryandi, S.H., M.S., melakukan tur kampus dan makan siang bersama dengan jajaran pimpinan Penn State Global. (***)

Berita Terkait

Komentar