Nakhodai Percasi Lampung, Yanuar Targetkan Emas PON

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Percasi GM.Utut Adiyanto resmi melantik Pengurus Provinsi (Pengprov) Persatuan Catur Indonesia (Percasi) Lampung periode 2022 -2026, di Balai Keratun, Rabu (08/06/2022).

Acara tersebut turut pula dihadiri Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, Bupati Lampung Selatan Nanang Trenggono, Ketua Apindo Lampung Ary Meizari Alfian, Ketua KNPI Lampung Iqbal Ardiansyah serta sejumlah anggota DPRD provinsi dan kabupaten/kota.

Melalui moment pelantikan ini, Utut mengharapkan agar dapat mengembalikan kejayaan olahraga catur Lampung yang dulu pernah menorehkan prestasi membanggakan.

“Dulu sekitar tahun 80-an, Lampung memiliki prestasi yang membanggakan. Itu masa kejayaan catur Lampung. Mampu meraih dua medali emas tingkat nasional,” kata GM.Utut Adiyanto saat menyampaikan sambutan.

GM.Utut Adiyanto yàng juga Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPR RI meminta jajaran Pengprov Percasi Lampung untuk memiliki kesetiaan terhadap Yanuar Irawan sebagai ketua dan menjaga soliditas organisasi.

“Harus ada kesetiaan antara yang dipimpin dan memimpin. Siap tegak lurus terhadap Ketua Yanuar Irawan?,” tanya GM.Utut pada pengurus Percasi Lampung. Pertanyaan tersebut langsung dijawab siap dengan kompak.

Menurut GM.Utut, meski pengurus Percasi Lampung ada yang berlatarbelakang politisi, persoalan catur tidak boleh dibawa ke ranah politik. “Saya berpesan pada Yanuar Irawan, agar olahraga catur dibawa ke olahraga, tidak dibawa ke politik,” tegasnya.

Sementara Yanuar Irawan mengucapkan terima kasih pada PB Percasi yang telah melantik dan mengukuhkan Pengprov Percasi. “Terima kasih pada Ketua PB Percasi bapak GM.Utut dan jajaran yang telah hadir di Lampung. Semoga kami dapat menjalankan amanah ini dengan baik,” kata Yanuar.

Ketua Komisi V DPRD Lampung ini menargetkan olahraga catur Lampung akan maju dan berkembang ke depan. ”Saya menargetkan bisa menyumbang emas pada PON mendatang,” ujarnya.

Karena itu, untuk mencapai target tersebut perlu dukungan semua pihak. Sebab memajukan olahraha termasuk catur, menjadi tanggung jawab bersama.”Mari kita satukan tekad untuk menjadikan olahraga Lampung berjaya,” tegasnya.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung Prof. Yusuf Barusman menambahkan, olahraga Lampung saat ini mengalami kemajuan yang cukup pesat. Bahkan dalam PON Papua tahun lalu, mampu masuk 10 besar peraih medali.

“Memang catur belum menyumbang medali. Tapi ke depan, KONI berharap catur akan menjadi salah satu cabang olahraga yang menyumbang mendali,” kata Yusuf Barusman.

Rektor Universitas Bandar Lampung (UBL) ini menilai catur memiliki potensi besar di Lampung. Sebab banyak sumber daya manusia yang berkualitas.”Tinggal bagaimana pembinaan dan pelatihan ditingkatkan dengan baik melalui program yang terarah,” tandasnya.

Sementara Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahkan Qodratul, mengapresi pelantikan Pengprov Percasi Lampung.”Kami sebagai pemerintah siap bersinergi memajukan olahraga catur ini,” tuturnya.

Qodratul berpesan agar Pengprov Percasi Lampung yang baru dilantik memiliki program pembinaan yang baik dan maju, sehingga bisa menghasilkan atlet-atlet berprestasi.

“Kita memang perlu bergandengan tangan guna memajukan olahraga. Pemprov Lampung selalu mendukung penuh untuk menjadikan olahraga Lampung berjaya,” pungkasnya. (***)

Related posts

Komentar