Ketua Perpadi Lampung Midi Iswanto Siap Tampung Hasil Panen Petani

Matalampung.com, MESUJI: Ketua Perpadi Lampung yang juga anggota DPRD Provinsi Lampung Midi Iswanto, menjadi narasumber dalam Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Produksi Padi di Mesuji, yang digelar Direktorat Jendral Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, Minggu (12/9/2021). Materi yang disampaikankan, bertemakan tentang Peluang Pengembangan Pasar Komoditas Padi.

Dalam materinya, Midi Iswanto menyampaikan bahwa, jumlah produksi panen di Lampung mencapai 2,65 juta ton, sedangkan kemampuan giling Perpadi seluruh anggota lebih dari itu. Oleh karenanya, Midi menilai pemerintah tidak perlu menambah penggilingan lagi, melainkan revitalisasi penggilingan agar kualitas hasil giling atau berasnya menjadi lebih baik.

“Jika kualitas beras baik, maka bisa bersaing dengan Vietnam dan Thailand untuk mutu berasnya dan arahnya kita bisa ekspor juga. Oleh karenanya, kami mengajak para petani padi untuk lebih bersemangat dalam bercocok tanam,” kata Midi Iswanto.

Selain itu, Perpadi Lampung juga siap menjalin kemitraan dengan para petani, sehingga hasil yang diharapkan dapat tercapai optimal. Perpadi juga siap menjadi bapak angkat para petani dan kelompok tani untuk budi daya pertanian, menampung gabah, dan menyalurkan hasil panen.

“Hingga saat ini, kami punya 7.426 anggota penggilingan di Lampung dengan kapasitas besar, sedang, dan kecil. Perpadi juga memiliki wadah koperasi yang siap memfasilitasi kebutuhan petani di bidang pertanian,” ujar anggota Fraksi Partai Demokrat DPRD Lampung ini.

Selain itu, Perpadi juga mempunyai Koperasi Perpadi Lampung (Kapela), yang nantinya para petani bisa tergabung di dalamnya sebagai anggota. Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian Lampung, anggota DPR RI, perwakilan Ditjen Tanaman Pangan Kementan RI, dan para petani selaku peserta Bimtek. (rls/MD)

Berita Terkait

Komentar