Jeruk Kalamansi, Baik dan Kaya Akan Manfaat

BANDAR LAMPUNG (Matalampung.com) : Sistem imun tubuh manusia dapat melawan virus yang dapat menyerang tubuh kapan saja, Wabah virus covid-19 yang melanda saat ini mengharuskan manusia untuk memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi. Ada beberapa buah yang mampu meningkatkan sistem imun tubuh seperti buah jeruk kalamansi yang banyak terdapat di sekitar kita.

Jeruk yang berasal dari Tiongkok ini yang menyebar hingga Asia Tenggara termasuk dalam jenis jeruk nipis yang punya banyak air dan rasa asam.

Jeruk kalamansi (Citrus Microcarpa) adalah tanaman yang termasuk dalam keluarga Rutaceae. Tanaman ini merupakan persilangan antara Citrus Retifulata dengan Fortunella Margarita. 

Jeruk kalamansi atau yang disebut jeruk kasturi ialah varian jeruk yang digunakan untuk bahan campuran minuman terutama es kelapa. Jeruk ini beraroma harum dan rasanya manis sedikit asam.

Jeruk kalamansi memiliki aroma yang khas sering dimanfaatkan sebagai minuman, penyedap makanan, ataupun menghilangkan bau amis pada makanan. karena mempunyai sejuta manfaat.

Jeruk kalamansi dapat dipanen pada saat sudah matang maupun ketika masih mentah (yang masih hijau) tergantung penggunaanya.

Penyimpanan jeruk tanpa pengawet sebaiknya tidak melebihi dari dua pekan. Lebih dari itu penyimpanan akan merusak buah, kecuali disimpan dalam pendingin.

Jeruk kalamansi juga banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh :

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Sering merasa kurang berenergi atau lemas, Kesegaran dari buah kalamansi bisa mengembalikan kekebalan tubuh seperti semula. Dengan seperti itu, kamu bisa melanjutkan aktivitas dengan penuh semangat sampai selesai.

  1. Membantu menurunkan kadar kolesterol

Untuk kamu yang gak pede dengan bentuk tubuh karena perut buncit, sering-sering konsumsi buat kalamansi deh. Kandungan flavonoid dalam buah jeruk kalamansi memiliki kandungan antioksidan, anti-hypertension, dan anti-hypercholesterolemia dapat membantu mengecilkan perut yang buncit secara perlahan sekaligus menurunkan kadar kolesterol.

  1. Menjaga kesehatan kulit

Setiap orang pasti ingin mempunyai kulit sempurna. Karena itulah, hal tersebut didapatkan dengan cara mudah seperti mengonsumsi jeruk kalamansi yang mengandung banyak Vitamin C ini. Jeruk kalamansi bisa membersihkan noda hitam pada wajah secara berkala dan mencegah penuaan dini.

Dan khasiat jeruk kalamansi yang diamalkan oleh orang dulu hingga sekarang, banyak digunakan untuk mengobati beberapa masalah kesehatan:

  1. Batuk

Ambil jeruk, kecap dan garam. Minum setiap pagi dan malam secara teratur. Lama-kelamaan batuk akan berangsur pulih.

  1. Demam

Petiklah 2-4 genggam daun jeruk kalamansi. Rebus dengan 2 sampai 4 gelas air. Gunakan air rebusan untuk mengompres pasien demam. Caranya dengan basahkan kain pada air rebusan lalu ditempelkan pada dahi pasien.

Selamat mencoba dan merasakan kaya akan manfaatnya. (***/MATA2)

Berita Terkait

Komentar