Erlina: Sosok Pemimpin Ramah, Paham Pariwisata dan Kuliner Pesisir Barat

PESISIR BARAT (Matalampung.com): Sosok ceria dan ramah langsung terlihat begitu bertemu dengan Wakil Bupati Pesisir Barat Erlina. Salah satu Wakil Bupati perempuan di kabupaten paling barat di Lampung ini pun tak sungkan menjabarkan mengenai pariwisata dan kuliner yang berada di “Bumi Para Sai Batin dan Ulama” tersebut.

Erlina, hatam soal pariwisata di Pesisir Barat. Mulai dari Labuhan Jukung dan Tanjung Setia ia mampu menjelaskan secara detail. Menurutnya, kunci sukses pariwisata di Pesisir Barat adalah keramahan masyarakatnya. Para tetua adat telah menanamkan nilai-nilai baik kepada para masyarakat.

“Alhamdulilah, di Pesisir Barat pariwisatanya cukup aman. Turis cukup senang berkunjung karena masyarakatnya yang terbuka dengan pendatang. Ini nilai-nilai yang ditanamkan para tokoh dan tetua adat,” ujar Erlina.

Wanita yang akrab dengan para mahasiswa dikalangan Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung ini mengakui bahwa, membangun pariwisata di Pesisir Barat harus lah mengutamakan kebudayaan lokal, seperti mempertahankan kebudayaan asli. Pembangunan penginapan juga mesti melihat kearifan lokal.

Jamuan makan siang sang Wabup yang akrab di masyarakat dengan julukan ‘Wabup Pariwisata’ ini berlangsung hangat. Menu-menu lokal ia sajikan, dengan hafal nya ia menjelaskan hidangan ‘iwak tuhuk’ atau blue marlin yang di olah menjadi ‘gulai taboh’, asam padeh, gurita, dan aneka lalapan khas.

Makan siang menjadi seru dengan obrolan serius yang disisipi guyonan, yang membuat suasana serius tiba-tiba riuh dengan tawa. Sosok ramah ini yang membuat masyarakat Pesisir Barat, para wisatawan, dan para wartawan menyukai dan dekat sosok Erlina.(Lampungpro/MATA1))

Berita Terkait

Komentar