Mahasiswa KKN Unila Bantu Petani Mesuji Maksimalkan Produksi Padi

MATALAMPUNG.COM – Tujuh mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) proaktif dalam proyek peningkatan sektor pertanian di Desa Tirtalaga, Kabupaten Mesuji.

Afif Aulia Zain, Sandika Pratama Arsani, Muhammad Al Durra, Nesa Pradani, Ela Novita Sari, Alvira Regina Vaxcy, dan Alya Putri Julianna, menjadi agen perubahan yang turut serta pada kegiatan ini.

Kepala Desa Tirtalaga, Sikun, mengungkapkan, mahasiswa KKN Unila ini secara proaktif terlibat dalam proses penanaman padi yang sedang berlangsung di wilayah Kabupaten Mesuji. Pada awal tahun 2024, sejumlah petani di daerah tersebut memulai kegiatan menanam padi.

“Saat ini, masyarakat Desa Tirtalaga memulai penanaman padi. Kami sangat bersyukur mendapatkan bantuan dari tujuh mahasiswa KKN Unila. Mereka berkontribusi dalam membantu petani setempat dalam proses penanaman padi,” ujar.

Ia menambahkan, musim hujan menjadi waktu yang tepat untuk melakukan pengolahan lahan guna mempersiapkan tanam padi. Dengan dukungan mahasiswa KKN, diharapkan hasil panen padi masyarakat Desa Tirtalaga pada musim panen mendatang dapat mencapai hasil maksimal.

“Saya berharap hasil tanaman padi ini nantinya bisa semaksimal mungkin. Semoga tidak terjadi bencana hama atau banjir yang dapat mengancam hasil panen,” tambah Sikun.

Partisipasi aktif mahasiswa KKN Unila dalam kegiatan pertanian ini tidak hanya memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat, tetapi juga menciptakan sinergi antara dunia pendidikan dan masyarakat.

Diharapkan, keberlanjutan kegiatan semacam ini dapat menjadi contoh positif bagi upaya peningkatan kesejahteraan dan ketahanan pangan di berbagai daerah. (Rls)

Berita Terkait

Komentar