Dekan FIK Universitas Malahayati Lolita Sary Nilai Metode Preceptorship Efektif Tingkatkan Kinerja

BANDAR LAMPUNG.matalampung.com- Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Malahayati Bandar Lampung, Dr. Lolita Sary, SKM.,M.Kes membuka kegiatan workshop preceptorship pembimbing klinik di gedung rektorat Universitas Malahayati, Kamis (21/12/2023). Workshop diikuti 50 peserta perwakilan puskesmas dan rumah sakit yang ada di Provinsi Lampung.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) Universitas Malahayati dengan menghadirkan pembicara Apriyanti, S. Kep., Ns., M. Kep  dari Rumah Sakit Umum Ahmad Yani Metro dan Dr. M. Arifki Zainaro, S. Kep., Ns., M. Kep dosen ilmu keperawatan Universitas Malahayati.

Dalam Sambutannya, Lolita Sary mengatakan, berdasarkan dari salah satu hasil riset yang ia baca dengan pendekatan literatur review di mana metode preceptorship ini mampu meningkatkan kompetensi kinerja pada mahasiswa klinik di rumah sakit atau di pelayanan kesehatan

“Setelah saya mencoba membaca hasil-hasil penelitian, dengan menggunakan pendekatan ini langkah yang sangat baik,” ucapnya.

Lolita Sary berharap, kegiatan workshop ini mampu meningkatkan mutu pembelajaran akademik yang ada di keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan sehingga dapat mendorong peningkatan kualitas pada mahasiswa keperawatan dan khususnya para peserta workshop dari instansi kesehatan yang hadir.

Kegiatan workshop preceptorship ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan para tenaga keperawatan dalam manajemen pendidikan klinik, desain pendidikan klinik, dan penerapan metode assessment yang tepat.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan mendukung peningkatan mutu pelayanan di bidang keperawatan. Para peserta pelatihan, yang terdiri dari tenaga keperawatan Rumah Sakit dan puskesmas, didorong untuk memperdalam pemahaman mereka tentang manajemen pendidikan klinik guna memastikan proses pembelajaran yang efektif dan efisien. (rls)

Berita Terkait

Komentar