Turnamen Catur Perbakal Cup 2023 Hadirkan Master Catur Nasional

MATALAMPUNG.COM, Bandarlampung – Klub Catur Persatuan Batak Karo Lampung (Perbakal) menghelat Turnamen Catur PERBAKAL Cup 2023 di GSG Cio Cio, Jalan Turi Raya Bandarlampung, pada Selasa (31/10/2023).

Ketua Perbakal Lampung Dr. Sopian Sitepu, S.H.,M.H.,M.Kn. dalam sambutannya mengatakan bahwa olahraga catur adalah olahraga yang sangat sangat populer ditanah karo Kabupaten Karo.

“Di kampung kami disetiap warung kopi tersedia papan catur yang setiap hari bisa dimainkan dari pagi hingga malam. Hal ini bisa terjadi karena permainan itu sudah menjadi passion di tengah masyarakat karo,” terangnya.

Sebenarnya banyak pemain catur yang punya bakat alami, ujar Sopian, namun karena tidak diasah secara teknis sehingga kemampuan mereka akhirnya kurang berkembang.

“Kedepannya Perbakal akan menjaring potensi-potensi muda, kalau perlu kita datangkan pelatih profesional,” pungkasnya.

Sementara itu, dalam turnamen catur ini kehadiran atlet senior Catur MN Henri Gere yang juga pendiri sekolah catur lampung (SCL).

Hendri mengaku terkejut dengan animo dan antusias para peserta yang mengikuti Turnamen Catur Perbakal Cup 2023.

“Walau terkesan mendadak, namun perserta yang hadir lumayan banyak dan penonton juga ramai menyaksikan. Artinya catur punya segmen sendiri ditengah masyarakat karo bandarlampung,” ujarnya.

Sementara Tabel silang peringkat setelah 5 babak memperlihatkan Guritno berada diperingkat pertama disusul fikri alkatiri yang merupakan master nasional yang berasal dari provinsi banten.

Sedangkan, anggota perbakal menduduki peringkat 8 atas nama gelora sinuhaji dan peringkat 9 atas nama agusta tarigan.

Lukman Ginting yang merupakan ketua pelaksana mengaku puas akan berjalannya Turnamen Catur Perbakal Cup 2023 ini.

“Undangan hadir semua, peserta juga terlihat bersemangat dalam mengikuti rangkaian kegiatan. Kedepannya kita berharap turnamen catur perbakal ini menjadi event tahunan yang berjalan secara rutin,” tuturnya. (**/rls)

Berita Terkait

Komentar