Bina Karakter Mahasiswa, FKIP Unila Adakan Diklat Singkat Kepramukaan

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) mengadakan pendidikan dan pelatihan singkat kepramukaan bagi mahasiswa angkatan 2022 di Gedung Serba Guna (GSG) Unila pada Minggu (03/09/2023).

Kegiatan diklat singkat kepramukaan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi mahasiswa angkatan 2022 agar dapat mengembangkan kepemimpinan yang kuat, tangguh, kreatif, dan mahasiswa memiliki keterampilan yang akan bermanfaat bagi dirinya dan masyarakat sekitar.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani. D. E. A., IPM., Asean. Eng., dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah untuk membentuk karakter mahasiswa agar dapat tumbuh menjadi individu yang kreatif, dan siap menghadapi tantangan ketika sudah menjadi seorang guru

“di harapkan ketika mahasiswa telah selesai mengikuti diklat singkat kepramukaan ini,  mahasiswa bisa mengaplikasikannya dalam dunia pendidikan dan pengajaran” ujarnya.

Selanjutnya, Dekan FKIP Unila Prof. Dr. Sunyono, M.Si., dalam sambutannya menjelaskan bahwa diklat kepramukaan ini bersifat wajib untuk angkatan 2022 dan menjadi salah satu syarat ujian komprehensif. Selain itu, diharapkan kepada mahasiswa agar cakap dengan kegiatan kepramukaan sehingga dapat menjadi insan yang siap sebagai garda terdepan untuk membentuk jiwa nasionalisme dan patriotisme di lingkungan dunia pendidikan.

“Melalui pramuka, mahasiswa akan dididik dan dilatih bagaimana menghadapi tantangan dalam berbagai kondisi, sehingga ke depannya para mahasiswa akan memiliki karakter yang kuat, visioner, intelektualitas, moralitas, dan integritas seta tangguh dalam menghadapi berbagai rintangan dan permasalahan” ujarnya.

Kegiatan dilaksanakan selama tiga hari yaitu pada tanggal 3 september dan dilanjutkan kembali pada tanggal 9-10 September 2023.

Pada hari pertama diisi dengan materi dasar tentang sejarah hingga kepemimpinan di gerakan pramuka dengan pemateri yang berasal dari pembina Gugusdepan Bandar Lampung 11.033- 11.034 Universitas Lampung yang juga berstatus pelatih nasional.

Hari kedua tanggal 9 September 2023 diisi dengan kegiatan-kegiatan praktik serta hari ketiga diisi dengan kegiatan dinamika kelompok guna menciptakan kegiatan yang menantang dan menarik sesuai dengan metode kepramukaan.

Diklat kepramukaan ini dihadiri oleh wakil rektor bidang kemahasiswaan Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., para wakil dekan FKIP, dan Ketua Gugusdepan Bandar Lampung 11.034 Dr. Hj. Bainah Sari Dewi, S.Hut., M.P. IPM. (***)

Berita Terkait

Komentar