Unila Lepas 1046 Mahasiswa Program MBKM Semester Ganjil 2023

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Wakil rektor bidang akademik Universitas Lampung (Unila) Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T melakukan pelepasan kepada 1046 mahasiswa yang mengikuti program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) semester ganjil 2023 di ruang sidang utama lantai 2 gedung Rektorat, Selasa (22/08/2023).

Mahasiswa yang mengikuti program MBKM terdiri dari 125 mahasiswa Magang Merdeka, 204 mahasiswa Studi Independen, 156 mahasiswa Kampus Mengajar, 64 Pertukaran Mahasiswa Merdeka, dan 121 mahasiswa Riset Penelitian BLU, 16 mahasiswa Research Green, dan Kewirausahaan Mahasiswa sebanyak 363 pada semester ganjil 2023.

Program MBKM merupakan bagian dari kebijakan merdeka belajar oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengasah kemampuan sesuai minat dan bakat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai persiapan karir di masa depan.

Dr. Eng Suripto, dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada mahasiswa dan mahasiswi yang telah berhasil lolos dan mendapat kesempatan mengikuti program ini. Melalui program MBKM mahasiswa akan dilatih dalam hal problem solving dan critical thingking, selain itu juga mahasiswa akan menadapatkan pengalaman berharga yang dapat digunakan pada jenjang setelah perkuliahan.

“Dengan program MBKM ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan kebutuhan baik di dunia usaha dan industri,” ujarnya.

Dr. Suripto menambahkan, adanya partisipasi mahasiswa untuk mengikuti program MBKM menjadi bentuk dukungan Unila dalam menyelaraskan program pemerintah untuk berkontribusi aktif dalam memajukan institusi pendidikan di Indonesia. Hal ini juga selaras dengan visi Unila menjadi 10 besar perguruan tinggi terbaik di Indonesia.

Selanjutnya, Sekretaris LP3M Dr. Eng.Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM, dalam laporannya berharap agar mahasiswa dapat memberikan kontribusi terbaik kepada mitra dan dapat membawa manfaat bagi mahasiswa, Unila, dan Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan secara luring dan daring ini dilanjutkan dengan menyematkan selempang sebagai simbolis pelepasan MBKM kepada 8 perwakilan mahasiswa, penyampaian testimoni oleh salah satu perwakilan mahasiswa, dan foto bersama.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh para Wakil Dekan, para Kepala UPT, Kepala Pusat Pengembangan Kurikulum dan Manajemen MBKM, Mitra MBKM dan Dosen Pembimbing Lapangan. (***)

Berita Terkait

Komentar