LTM NU Bandar Lampung Gandeng ISPI Lampung Gelar Pelatihan Qurban

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Sebanyak 200 peserta yang merupakan utusan dari masjid se Kota Bandar Lampung, mengikuti Pelatihan Penyembelihan Hewan Qurban Pada Sabtu (24/06/2023), yang dilaksanakan di Gedung Semergow komplek Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Kegiatan tersebut atas kerja sama ISPI Cabang Lampung bersama Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) PCNU Kota Bandar Lampung serta disuport penuh oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Kegiatan tersebut dimaksudkan agar pelaksanaan pemotongan hewan qurban di masjid masjid se Kota Bandar Lampung semakin meningkat kualitasnya baik dari sisi syariat maupun dari sisi kesehatan dan kesejahteraan hewannya, serta kemaslahatannya.

Dalam penyampaian laporannya, ketua panitia Husnudin yang juga ketua Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTM NU) menyampaiakan bahwa Kegiatan ini merupakan rintisan penghidmatan LTMNU Kota Bandar Lampung yang dalam hal ini, bekerja sama dengan ISPI Cabang Lampung, dalam rangka menghadirkan pengetahuan dan informasi tentang pelaksanaan penyembelihan qurban yang baik dari para nara sumber yang berlatar profesi sesuai keahliannya.

“Pelatihan ini merupakan kegiatan perdana kami, setelah beberapa waktu yang lalu kami dilantik oleh PCNU Kota Bandar Lampung” ujar Husnudin ketua LTM NU

Sementara, Ketua ISPI wilayah Lampung, Aris Susanto berharap, agar kegiatan semacam ini dapat terus dilakukan.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat. Serta dapat terus dilaksanakan,” ungkap alumni Jurusan Peternakan Unila itu.

Ia mengatakan pengetahuan tentang kesehatan daging kurban dari penyakit LSD maupun Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) penting diketahui masyarakat.

“ISPI dan Veteriner terbatas, maka dari itu kami perlu mensosialisasikan masalah penyakit LSD dan PMK kepada masyarakat,” ujarnya.

Ketua PCNU Kota Bandar Lampung, Ichwan Adji Wibowo mengajak, kepada para peserta agar bersama-sama terus meningkatkan kualitas penyelenggaraan penyembelihan qurban, terutama dari aspek pemdistribusian daging qurban.

Karena dinilainya selama ini terjadi ketimpangan, ada wilayah tertentu pelaksanaan qurbannya berlimpah terutama di komplek perumahan kelas menengah ke atas, sementara daerah lain sangat minim qurbannya.

“Tidak kalah penting dalam kegiatan ini, semoga kita bisa instropeksi dan mengevaluasi dalam distribusi daging kurban supaya lebih merata dan bermaslahat bagi kaum duafa” ungkapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandar Lampung Iwan Gunawan, Forkompimda Kota Bandar Lampung, Kepala Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kementerian Agama (Kemenag), Pengurus PCNU Kota Bandar Lampung, Pengurus Muhammadiyah, Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) Lampung. (***)

Berita Terkait

Komentar