Tak Kenal Libur, Panwaslu Kecamatan Batanghari Ikuti Rakor Bawaslu Lampung Timur

MATALAMPUNG.COM, Lampung Timur – Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Batanghari tak mengenal hari libur dalam melakukan kerja-kerjanya. Hari ini, Minggu (11/6/2023), Koordinator Divisi (Kordiv) Hukum, Pencegahan, Partisipasi Masyarakat, dan Hubungan Masyarakat (HP2H) Erzal Syahreza Aswir dan staf Yulidar Danu Prasetya mengikuti rapat koordinasi (Rakor) oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Lampung Timur di Randu Mas, Kecamatan Sekampung Udik.

Rakor bertajuk Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilu Tahun 2024 di Kabupaten Lampung Timur ini dihadiri seluruh kordiv dan staf HP2H panwaslu se-Kabupaten Lampung Timur. “Sudah menjadi komitmen kami sebagai pengawas pemilu untuk bekerja penuh waktu, tidak mengenal waktu libur,” tutur Erzal.

Komitmen bekerja penuh waktu ini juga ia tularkan kepada seluruh jajaran Panwaslu Kecamatan Batanghari dan Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) se-Kecamatan Batanghari. “Seluruh jajaran di Panwaslu Kecamatan Batanghari selalu standby 24 jam. Ini juga akan kami tularkan kepada Pengawas TPS nantinya,” terang Kordiv HP2H Panwaslu Kecamatan Batanghari ini.

Pada kegiatan ini, kata Erzal, terdapat tiga narasumber yang cukup kompeten, yaitu Siti Khoiriyah (Akademisi Unila), Kemas Hasanuddin (PWI Lampung Timur) dan Masyikurudin Hafidz (CEO CM Management dan Founder Akademi Pemilu dan Demokrasi (APD) ). “Hasil rakor ini, nantinya akan kami sampaikan kepada seluruh jajaran di Panwaslu Kecamatan Batanghari dan PKD,” kata dia.

Menurut dia, rapat koordinasi seperti ini sangat bagus untuk meningkatkan kapasitas diri sebagai pengawas pemilu. Ia berharap agenda-agenda serupa dapat dilakukan secara rutin agar pengawas pemilu selalu meningkat kapasitasnya. “Kami mendapat banyak ilmu, khususnya mengenai publikasi dan dokumentasi pada rakor ini,” ujar pria kelahiran Desa Balerejo, Kecamatan Batanghari ini.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Lampung Timur, Uslih berharap seluruh jajaran panwaslu se-Kabupaten Lampung Timur dapat mengimplementasikan ilmu-ilmu yang didapat dalam forum rakor ini. “Mari kita dokumentasikan dan publikasikan kerja-kerja kita sebagai pengawas pemilu,” terang Uslih. (MATA2)

Berita Terkait

Komentar