Unila Siap Bersinergi dengan Pemkot Bandar Lampung dalam Berbagai Aspek

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Rektor Universitas Lampung (Unila) Prof. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., didampingi para wakil rektor, dekan, dan ketua lembaga melakukan audiensi ke ruang kerja Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana, Kamis (27/04/2023).

Dalam pertemuan tersebut, Prof. Lusmeilia menyampaikan kesiapan Universitas Lampung untuk membangun sinergi dengan Pemerintah Kota Bandar Lampung dalam berbagai aspek. Ia juga menuturkan terima kasih dan apresiasi atas berbagai bantuan Pemkot Bandar Lampung yang senantiasa dirasakan untuk mendukung kemajuan Unila.

Wali Kota Eva Dwiana menyatakan, sinergi antara kedua pihak dapat diimplementasikan dalam berbagai hal ke depannya. Salah satu poin yang dibicarakan adalah bantuan untuk mempercepat fungsionalisasi Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Unila dengan realisasi bantuan untuk penyelesaian RSPTN.

Wali Kota memberikan bantuan senilai Rp50 miliar pada tahun 2024 melalui anggaran murni untuk mengoptimalkan gedung RSPTN dan tata kelola halaman dan gerbang masuk RSPTN yang bercorak khas budaya Lampung.

Bunda Eva, sapaan akrab Wali Kota Bandar Lampung, juga menegaskan bantuan mengenai fakultas hukum masuk dalam anggaran perubahan Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Ia mengharapkan adanya kerja sama dalam peningkatan kapasitas PNS di Kota Bandar Lampung dari segi pendidikan. Selain itu, Bunda Eva menugaskan Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Bandar Lampung dan 20 Kecamatan untuk memberikan kuota 50 bagi anak tidak mampu untuk menerima beasiswa dari Pemerintah Kota Bandar Lampung.

Total penerima beasiswa berjumlah 1000 anak dan akan dikuliahkan di Universitas Lampung. Beasiswa ini dikhususkan bagi anak yang tidak mampu dan merupakan kebijakan dari Pemerintah Kota Bandar Lampung yang bekerja sama dengan Unila.

Bunda Eva juga mengharapkan, anak-anak penerima beasiswa ini tidak dipersulit dari sistem yang ada, karena mereka masuk setelah beasiswa diterima terlebih dahulu. Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan konsentrasi para siswa untuk belajar.

Harapannya, jika dari 1000 anak ini memiliki prestasi yang luar biasa, maka Pemerintah Kota Bandar Lampung akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang pascasarjana di universitas yang sama.

Bunda Eva berharap, Universitas Lampung dapat menyikapi secara cepat mengenai hal ini, karena diketahui SDM yang ada di Kota Bandar Lampung memiliki potensi unggul, yaitu siswa yang cerdas dan potensial. (***)

Berita Terkait

Komentar