Margaretha Karolina Sagala, Peserta Latsar CPNS Pembentukan Karakter dan Profesionalitas

Margaretha Karolina Sagala, S.T., M.Pd.

Peserta Latsar CPNS Kemendikbudristek Tahun 2022 Angkatan V Kelompok 1

Dalam rangka pembentukan karakter dan profesionalitas Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Pusat Pendidikan dan Pelatihan Pegawai Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Perhubungan, Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kementerian Perhubungan menyelenggarakan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (Latsar CPNS) Golongan III Angkatan I s.d. X bertempat di Pusat Pengembangan SDM Aparatur Perhubungan, Jalan Raya Parung – Bogor Km. 26 Bogor.

Salah seorang peserta Pelatihan Dasar CPNS Golongan III bernama Margaretha Karolina Sagala, S.T., M.Pd. atau yang biasa disapa Etha, merupakan Dosen CPNS di Unit Kerja Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Universitas Lampung. Pelatihan Dasar dilalui Etha melalui empat kegiatan, yaitu: (1) MOOC tanggal 11 Agustus 2022 s.d. 30 Agustus 2022, (2) Distance Learning tanggal 31 Agustus 2022 s.d. 3 Oktober 2022, (3) Aktualisasi tanggal 4 Oktober 2022 s.d. 6 Oktober 2022, dan (4) Evaluasi tanggal 7 November 2022 s.d. 11 November 2022.

Pembelajaran Pelatihan Dasar CPNS dimulai dengan pembelajaran secara mandiri (MOOC) melalui tautan http://ringkas.kemdikbud.go.id/panduanmooclatsar. Kegiatan selanjutnya adalah Distance Learning.

Pembelajaran terkait Agenda I (Wawasan Kebangsaan dan Nilai Bela Negara, Analisis Isu Kontemporer, Kesiapsiagaan Bela Negara), Agenda II (Nilai-Nilai Dasar PNS), Agenda III (Smart ASN dan Manajemen ASN), serta Agenda IV (Aktualisasi dan Habituasi) dilaksanakan bersama Tutor atau Widyaiswara dari PPSDMAP sesuai jadwal via daring (Zoom). Setelah kegiatan MOOC dan Distance Learning, Etha melaksanakan Kegiatan Aktualisasi di Unit Kerja dengan Judul Aktualisasi dan Habituasi Nilai-Nilai PNS BerAKHLAK dalam Digitalisasi Database dengan Google Drive di Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam FKIP Universitas Lampung.

Pelaksanaan Aktualisasi ini melalui delapan kegiatan. Pertama, koordinasi dengan mentor terkait kegiatan aktualisasi. Kedua, mempelajari cara pemanfaatan google drive. Ketiga, membuat konsep digitalisasi menggunakan google drive. Keempat, membuat format digitalisasi menggunakan google drive. Kelima, melakukan uji coba pengisian google drive. Keenam, melakukan sosialisasi kepada Dosen Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA). Ketujuh, melakukan implementasi terkait digitalisasi database Dosen Jurusan PMIPA. Kedelapan, melakukan evaluasi terkait digitalisasi database Dosen Jurusan PMIPA.

Dalam kegiatan Aktualisasi ini, Etha dituntut untuk dapat mengimplementasikan nilai-nilai dasar PNS, yaitu BerAKHLAK yang merupakan kepanjangan dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif. Hasil Aktualisasi ini berupa kumpulan berkas softfile 53 Dosen PNS Jurusan PMIPA FKIP Unila dalam satu google drive. Selain itu, kegiatan Aktualisasi yang dilakukan juga memberikan kontribusi terhadap Visi dan Misi Organisasi dan menguatkan nilai-nilai organisasi FKIP Universitas Lampung yang memiliki Visi yaitu ‘Pada Tahun 2025, FKIP menjadi fakultas yang unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam bidang pendidikan dan pembelajaran’. Laporan Aktualisasi dan Habituasi ini akan diseminarkan dalam Agenda Evaluasi tanggal 7 November 2022 s.d. 11 November 2022 di Bogor. (rls/MATA)

Berita Terkait

Komentar