Fakultas Teknik Unila Gelar Seminar Nasional Insinyur Profesional 2022

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Program Studi Program Profesi Insinyur (PSPPI) Fakultas Teknik (FT) Universitas Lampung (Unila) menggelar Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP) 2022 secara hybrid di Hotel Swiss-Belhotel Lampung, Bandarlampung, Rabu (21/09/2022).

Dekan Fakultas Teknik Unila Dr. Eng. Ir. Helmy Fitriawan, S.T., M.Sc., saat membuka acara menyampaikan apresiasinya pada PSPPI atas keberhasilannya mengembangkan ilmu pengetahuan dan penerapan teknologi keinsinyuran bagi para insinyur.

SNIP 2022 bertajuk “Inovasi Insinyur Profesional dalam Rangka Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi Global” merupakan wadah berekspresi kegiatan keinsinyuran yang memanfaatkan kepakaran dan keahlian untuk meningkatkan nilai tambah dan daya guna.

Ketua PSPPI Fakultas Teknik Unila Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng., mengatakan, acara dilaksanakan selama dua hari mulai 21 hingga 22 September 2022. Narasumber kunci kegiatan berasal dari profesional dan pemerintahan, yaitu Sekretaris Jenderal Persatuan Insinyur Indonesia Ir. Bambang Goeritno, IPU., dan Sekretaris Daerah Tulangbawang Barat Ir. Antony, M.M.

Adapun materi yang disampaikan yakni “Transformasi Keinsinyuran di Indonesia Mendorong Percepatan Pemulihan Ekonomi” oleh Ir. Bambang Goeritno, dan “Arah Kebijakan Pembangunan Pertanian Kabupaten Tulangbawang” oleh Ir. Antony.

Kedua narasumber memiliki pengalaman yang telah teruji dalam pelaksanaan pembangunan di Indonesia. SNIP 2022 adalah seminar ilmiah rutin ketiga yang diadakan PSPPI Fakultas Teknik Unila.

Selain pemaparan keynote speaker, sesi paralel menyajikan berbagai bahasan dari para peserta insinyur di Indonesia. 183 makalah disajikan para peserta SNIP 2022 dan mengangkat berbagai topik berkenaan dengan inovasi di bidang keinsinyuran yang ditulis dalam bentuk artikel ilmiah.

Di antara topik pembahasan makalah itu meliputi bidang teknik sipil, mesin, elektro, komputer, informastika, kimia, lingkungan, arsitek, energi, pertambangan, geodesi, geologi, pertanian, kehutanan, dan perikanan.

Ketua Panitia SNIP 2022 Ir. Gigih Forda Nama, S.T., M.T.I., IPM., menambahkan, semua artikel akan diterbitkan dalam prosiding ilmiah SNIP 2022 yang bisa menjadi referensi ilmiah keinsinyuran profesional Indonesia. (***)

Berita Terkait

Komentar