Gelar Pengajian Ramadhan, Unila Undang Direktur RSUDAM Sebagai Penceramah

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Universitas Lampung (Unila) kembali menggelar Pengajian Bulan Ramadan 1443 Hijriah pada Jumat pagi, 22 April 2022. Kegiatan berlangsung di Ruang Pelantikan lantai empat Rektorat Unila.

Pengajian Bulan Ramadan kali ini mengundang penceramah dr. H. Lukman Pura, Sp., PD., K-GH., MHSM., yang juga menjabat Direktur RSUD Dr. H. Abdul Moeloek, Bandarlampung.

Dalam kesempatan tersebut dr. Lukman menyampaikan tausiah mengenai ibadah puasa yang dilihat dari aspek kesehatan.

Ia mengatakan, jika melihat dari segi kesehatan, puasa 30 hari tidak hanya memberi pengaruh baik bagi kesehatan fisik namun dari aspek psikologis, puasa Ramadan membuat hormon endorfin meningkat sehingga memunculkan mood dan rasa empati manusia.

Maka dari itu, puasa Ramadan merupakan waktu terbaik untuk belajar menahan diri dan mengelola emosi diri.

Long fasting selain memberikan penahanan secara fisik namun juga ada fungsi-fungsi dalam tubuh yang bergerak melatih emosi kita untuk bisa menahan diri,” katanya.

Sementara untuk orang-orang yang memiliki riwayat penyakit berat seperti diabetes dan beberapa jenis lainnya, diharapkan dapat memahami kondisi tubuhnya sehingga tidak memaksakan diri untuk berpuasa di bulan Ramadan.

Orang-orang ini pun harus mendapat support dari lingkungan keluarga agar tetap bisa menjaga kesehatan dan tetap stabil.

Pengajian Bulan Ramadan 1443 Hijriah dihadiri Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Prof. Dr. dr. Asep Sukohar, S.Ked., M.Kes., kepala BUK dan jajaran, kepala BPHM dan jajaran, para tenaga kependidikan, serta mahasiswa Fakultas Kedokteran Unila.

Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka meningkatkan keimanan, ketakwaan kepada Allah subhanahu wa taala, sekaligus meningkatkan tali silaturahmi di bulan suci Ramadan. (***)

Berita Terkait

Komentar