Penelitian Dosen Universitas Malahayati, Ekstrak Daun Kelor Naikan Kadar Hemoglobin Ibu Hamil

Matalampungcom, BANDAR LAMPUNG- Kandungan pada Daun kelor atau Moringa oleifera dipercaya memiliki banyak khasiat. Daun ini dianggap memiliki kandungan vitamin dan mineral penting untuk tubuh.

Tiga dosen Universitas Malahayati Bandar Lampung Program Studi Kebidanan, Ledy Octaviani Iqmy, Nita Evriana Sari, dan Tika Novarta, melakukan penelitian khasiat daun kelor dalam meningkatkan kadar Hemoglobin (HB) untuk ibu hamil. Penelitian menggunakan ekstrak daun kelor dalam bentuk kapsul yang sudah berstandar uji klinis dan BPPOM.

Hasil penelitian menyimpulkan, menkonsumsi daun kelor dapat meningkatkan kadar HB pada ibu hamil. Menurut peneliti, Ledy Octaviani Iqmy, tingginya kandungan zat besi dalam daun kelor 25 kali lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman lain seperti bayam, kentang, brokoli, rumput laut, bahkan buah bit.

“Kandungan senyawa kelor mengandung besi 28-29 miligram dalam 100 gram, sedangkan tanaman lain rata- rata hanya mengandung besi 15-20 mg dalam 100 gram,” kata Ledy Octaviani Iqmy, Jumat (4/3/2022).

Ledy menjelaskan, anemia dalam kehamilan disebabkan kurangnya zat besi. Darah bertambah banyak dalam kehamilan, boasa disebut Hidremia atau Hipervolemia. Secara fisiologis, pengenceran darah ini untuk membantu meringankan kerja jantung yang semakin berat dengan adanya kehamilan. Akan tetapi, bertambahnya sel darah kurang dibandingkan dengan bertambahnya plasma sehingga terjadi pengenceran darah dan menyebabkan anemia dalam kehamilan.

Dalam penelitian ini, ibu hamil sebagai responden diminta menkonsumsi kapsul daun kelor selama 7 hari secara rutin dengan dosis 2×1.000 gr perhari pagi dan sore. Hasilnya dapat meningkatkan kadar Hb sebesar 1.615 gram%.

Daun kelor sangat mudah didapatkan di lingkungan sekitar, bahkan bisa ditanam di sekeliling rumah dan bisa berkembang biak dengan cepat. Masyarakat juga bisa mengkonsumsi daun ini dalam bentuk rebusan, campuran masakan, bahkan minuman teh daun kelor. (rls)

Berita Terkait

Komentar