IKA Peternakan Unila Gelar Webinar, Konsumsi Daging Dan Telur Cegah Covid-19

BANDAR LAMPUNG (Matalampung.com) : Keluarga Besar Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Peternakan FP Unila akan menggelar webinar bertema konsumsi daging ayam dan telur solusi meningkatkan daya tahan tubuh melawan Virus Corona (Covid-19), Sabtu (14/11/2020). Webinar yang diperkirakan diikuti 500 peserta tersebut dihelat dalam rangkaian peringatan HUT Ke-2  IKA Peternakan Unila pada 10 November 2020. 

Menurut Ketua Umum IKA Peternakan FP Unila Aris Susanto, S.Pt., kegiatan hasil kerja sama dengan Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung itu bertujuan mengajak masyarakat untuk gemar makan daging ayam dan telur. Peringatan HUT akan digelar secara offline di ruang Meeting Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung dan secara virtual via ZOOM pada, Sabtu (14/11/2020).

Dia mengatakan, webinar akan diikuti 500-an peserta yang terdiri dari alumni, mahasiswa, dosen, pelaku usaha, birokrat dan masyarakat umum. Webinar akan menghadirkan narasumber yang berkompeten yakni Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan Ditjen PKH Kementrian Pertanian Indonesia Ir. Fini Murfiani, M.Si, dan Ir.Lili Mawarti, M.Si selaku sKepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung. Lalu Ketua Umum PINTAR Lampung Ir Agus Wahyudi, Ketua PPN Lampung Ir Jenny Soelistiani, M.M., dan Sofyan Musyabiq Wijaya, S. Gz., M. Gi selaku dosen ahli gizi Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Kegiatan tersebut dimoderatori oleh Ir. Syahrio Tantalo, M.P., selaku dosen Jurusan Peternakan FP Unila.

Aris menambahkan kegiatan ini sebagai wujud syukur atas perjalanan IKA Peternakan FP Unila hingga saat ini. Selain juga sekaligus bentuk pengabdian dan kepedulian kepada masyarkat yang saat ini sedang merasakan dampak dari munculnya pandemi corona (Covid-19). Pihaknya berharap dengan adanya kegiatan ini kesadaran masyarakat untuk pentingnya menjaga daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi daging ayam dan telur bisa meningkat. Untuk itu, pada kegiatan itu akan digelar juga acara makan daging ayam dan telur bersama yang diikuti seluruh narasumber, moderator, Dekan Pertanian Unila, ketua jurusan Peternakan FP Unila, pengurus IKA Peternakan FP Unila dan beberapa undangan.

“Kami berharap kita bisa sama-sama mencegah dari serangan penyakit virus corona dan penyakit-penyakit lainnya,” Kata dia dalam rilisnya, Kamis (12/11/2020).

Disisi lain, Dekan Fakultas Pertanian Universitas Lampung Prof. Dr. Ir. Irwan Sukri Banuwa, M.Si,  mengapresiasi kegiatan tersebut. Diakuinya dalam kurun waktu dua tahun terakhir IKA Peternakan FP Unila cukup aktif. Bahkan dinilainya IKA Peternakan terus bersinergi dengan Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lampung untuk mengadakan kegiatan yang bersifat keilmuan, pengabdian, sosial dan lainnya. “Tentunya ini sangat membantu dan  bermanfaat bagi kami akademisi, masyarakat umum dan keluarga besar IKA Peternakan FP Unila sendiri,” katanya. Dekan mengatakan, webinar sangat penting sebagai edukasi kepada masyarakat bahwa pemenuhan gizi hewani dapat berasal dari mengonsumsi daging ayam dan telur. Apalagi bahan pangan hewani mudah didapat dan harganya cukup terjangkau. “Jika gizi dari produk pangan hewani terpenuhi, maka imunitas tubuh akan meningkat dan ini penting untuk melawan virus corona dan penyakit lainnya agar tidak masuk ketubuh kita,” ucap dekan. (RLS/MATA2)

Berita Terkait

Komentar