Tenggorokan Gatal Gunakan Ramuan Alami sebagai Langkah Alternatif

Tenggorokan gatal terkadang sangat menggangu apalagi muncul beserta gejala batuk, demam, dan sesak napas, karena bisa jadi gejala tersebut disebabkan oleh COVID-19 yang saat ini sedang mewabah.

Namun jika gejala ini hanya sebatas tenggorokan gatal tanpa disertai gejala lainnya, berbagai ramuan alami dapat membantu meringankan tenggorokan gatal. Beberapa ramuan alami yang dapat Anda gunakan diantaranya,

  • Madu

Mengonsumsi madu sebanyak satu sendok makan per hari dapat mengurangi gatal atau iritasi pada tenggorokan. Anda bisa menambahkan perasan lemon, dan parutan jahe pada segelas teh hangat.

  • Susu dan kunyit

Minum susu yang dicampur sedikit kunyit mungkin dapat membantu Anda menenangkan tenggorokan gatal. Selain susu, Anda juga dapat mencampurkan kunyit dengan air. Caranya, rebus secangkir susu dan tambahkan satu sendok teh kunyit. Minum tiap malam sebelum tidur.

  • Air putih

Jangan sampai Anda mengalami dehidrasi yang menjadikan tenggorokan gatal. Pada saat dehidrasi, tenggorokan kekurangan lendir dan air sebagai pelumas yang mengakibatkan tenggorokan terasa gatal dan kering. Pada saat cuaca dingin atau ketika sedang flu,  Anda mungkin kehilangan cairan melalui keringat ketika demam. Oleh karena itu, minum air putih sebanyak sembilan gelas per hari tidak hanya penting pada saat cuaca panas, melainkan juga pada saat cuaca dingin atau ketika Anda mengalami flu.

  • Air garam

Air garam ini hanya digunakan untuk berkumur dan bukan untuk diminum.  Berkumur menggunakan air garam dapat membantu mengurangi kelebihan dahak. Dahak berlebih inilah yang membuat tenggorokan terasa menggelitik.

  • Lobak

Campuran satu sendok makan lobak pedas (horseradish), satu sendok teh cengkeh, dan satu sendok teh madu yang diberi air panas mungkin bisa menenangkan tenggorokan Anda yang gatal. Aduk campuran itu dan minum.

  • Cuka sari apel

Sediakan satu gelas air panas, tambahkan satu sendok makan cuka sari apel dan madu. Aduk perlahan dan minum.

Berbagai cara di atas dapat Anda coba, sehingga Anda tidak lagi tersiksa dengan adanya tenggorokan gatal. Namun, jika sudah mencoba dan kondisi yang diderita belum mereda juga, segera periksa ke dokter.(Mata1)

Berita Terkait

Komentar