Pasca Sarjana Unila Gelar Kuliah Tamu

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Pascasarjana Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan kuliah tamu bertajuk Physical Processes Impact on Harmful Dinoflagellates Bloom in Hurun Bay, First Results and Perspectives, di Aula Pascasarjana kampus setempat, Senin (11/07/2022).

Kuliah tamu yang disampaikan Yannis Cuypers, Ph.D., dari Laboratorie d’Oceanographiest du climat (Locean), Paris, Prancis.

Dalam pemaparannya, Yannis Cuypers mengenalkan mekanisme dasar dari proses terjadinya blooming (kelimpahan) alga dan plankton. Ia meyakini, proses fisika yang terjadi dalam penelitiannya adalah penyebab blooming Dinoflagelata pada peraian Teluk Hurun, Pesawaran, Lampung.

Hal itu disertai dengan penyampaian data parameter fisika hasil penelitian bersama antara Yannis Cuypers dan tim dari Balai Besar Perikanan Budi Daya Laut Provinsi Lampung.

Terdapat dampak dari Fenomena Harmful Algal Blooms (HABs) terhadap kematian ikan pada tahun 2020 di wilayah Lampung. Ia menuturkan, HABs didominasi Margalefidinium Polykrikoides Dinoflagellata pada musim pancaroba.

Dalam penelitian ini, tim Yannis Cuypers menggunakan teknik analisis statistik Principal Component Analysis (PCA) yakni suatu teknik analisis yang digunakan dalam bidang statistika dan data science.

Tujuan dari penggunaan model statistik ini agar peneliti mendapat kemungkinan menggabungkan penelitian pada model biogeokimia dan hidrodinamika.

Kegiatan yang terselenggara dengan model hybrid learning ini dimoderatori Dra. Endang Linirin Widiastuti, Ph.D., serta dihadiri Direktur Pascasarjana Prof. Dr. Ir. Saudi Samosir, S.T., M.T., Wakil Direktur Bidang Umum Pascasarjana Dr. Maulana Mukhlis, S.Sos., M.IP, Ketua Program Studi Magister Manajemen Wilayah Pesisir dan Laut Dr. Supono, S.Pi., M.Si., serta tim dari Balai Besar Perikanan Budi Daya Laut Provinsi Lampung. (***)

Berita Terkait

Komentar