UPT Bahasa Unila Gelar Lokakarya Menulis Essai Bahasa Inggris

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Universitas Lampung (Unila) menghelat lokakarya menulis essai dalam bahasa Inggris bagi mahasiswa di Aula A Gedung Dekanat FKIP Unila, pada Selasa (30/07/2024).

Penyelenggaraan kegiatan bertujuan untuk meningkatkan kualitas penggunaan bahasa Inggris mahasiswa Unila dan mendukung indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi negeri, yakni meningkatnya kualitas lulusan pendidikan tinggi serta kualitas kurikulum dan pembelajaran.
Kegiatan dibuka Ketua UPT Bahasa Unila Bambang Riadi, S.Pd., M.Pd., sekaligus dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan berharap melalui lokakarya ini mahasiswa Unila dapat meningkatkan kemampuan menulis essai dalam bahasa Inggris.
“Keterampilan ini sangat penting, tidak hanya untuk keperluan akademik tapi juga untuk pengembangan karier di masa depan,” pungkas Ketua UPT Bahasa Unila.
Kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemaparan meteri pertama yakni terkait pengenalan academic writing, jenis academic writing, membuat skema essai, menyusun awalan essai, serta mencari dan menyusun ide utama yang disampaikan Delta Rahwanda, M.Pd., CIB.
“Dalam academic writing terdapat bagaimana menganalisis sebuah ide atau argumen dari orang lain. Argumen dan ide dari orang lain kita gabungkan dengan ide kita, ini merupakan hal penting,” pungkas Delta.
Materi kedua dipaparkan Seniarika, S.Pd., M.Pd., dilanjutkan dengan mengembangkan academic writing, mengedit dan menyusun ulang essai, serta melengkapi referensi dan kutipan essai.
Kegiatan yang diinisiasi UPT Bahasa ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan Ketua UPT Bahasa, doa, penutup, serta dilanjutkan dengan sesi materi.
Kegiatan yang diikuti 78 mahasiswa FKIP Unila diharapkan dapat mencetak dan memperbanyak mahasiswa yang mumpuni dalam menulis essai berbahasa Inggris. (***)

 

Berita Terkait

Komentar