Gerak Cepat PLN Berhasil Pulihkan 100% Listrik di Lampung pasca Gangguan Transmisi

MATALAMPUNG.COM, Bandarlampung – Setelah perjuangan panjang upaya pemulihan kondisi sistem kelistrikan yang sempat terganggu, PT PLN (Persero) berhasil menormalkan kembali seluruh pasokan listrik yang menyuplai masyarakat di Provinsi Lampung.

Sebelumnya, pada Selasa (4/6) terjadi gangguan pada jaringan Saluran Tegangan Ekstra Tinggi (SUTET) 275 kV Lubuk Linggau -Lahat, yang merupakan jaringan interkoneksi dan terhubung dengan sejumlah wilayah di Sumatera. Hal ini mengakibatkan terganggunya 15 ribu lebih gardu distribusi yang memasok listrik untuk pelanggan.

Pasca terjadinya gangguan, PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Lampung bergerak cepat melakukan pemulihan dari sisi distribusi dan melakukan koordinasi dengan stakeholder guna percepatan pemulihan pasokan listrik di Provinsi Lampung.

Upaya penormalan melibatkan penanganan pada 267 penyulang tegangan menengah 20kV yang menyuplai 15.600 gardu distribusi, dan 2,6 juta pelanggan.

Sejak terjadinya gangguan, General Manager PT PLN (Persero) UID Lampung Sugeng Widodo beserta jajaran terus mengupayakan pemulihan kelistrikan yang cepat, menjaga tingkat keselamatan dan kualitas pekerjaan yang optimal oleh petugas PLN untuk memastikan layanan kelistrikan kembali normal.

Menurutnya, suksesnya PLN menormalkan sistem kelistrikan merupakan berkat upaya dan dukungan dari seluruh stakeholder serta masyarakat, sehingga saat ini semua pelanggan sudah menyala 100%.

Sugeng Widodo mengungkapkan saat ini Kamis (6/6) dini hari pukul 00.59 WIB, kondisi kelistrikan lampung telah normal 100 persen dan sebanyak 2,6 juta pelanggan telah kembali menyala.

Hal itu disampaikannya saat memantau langsung aktivitas pemulihan kelistrikan Lampung di ruang Distribution Control Center (DCC) PLN Unit Pelaksana Pengatur Distribusi (UP2D) Lampung.

“Ratusan pegawai PLN di seluruh unit telah dikerahkan untuk optimalisasi dan percepatan penormalan sistem kelistrikan yang sempat terdampak hingga Lampung,” ungkapnya.

PLN menyampaikan permohonan maaf sebesar-besarnya, serta mengucapkan terima kasih kepada seluruh Stakeholder dan masyarakat di Lampung yang telah memberikan dukungan kepada PLN dengan memahami kondisi yang terjadi dan menjaga situasi tetap kondusif.

“Berkat dukungan dan doa dari seluruh stakeholder dan tentunya pelanggan kami semua masyarakat Lampung, Alhamdulillah pada hari ini upaya kami untuk dapat memulihkan kembali pasokan listrik Lampung telah mencapai 100 persen,” tutup Sugeng Widodo.(*/rls)

Berita Terkait

Komentar