Maksimalkan Pemanfaatan Sumber Literatur Digital, Perpus Unila Gelar Workshop

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – UPT Perpustakaan Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur Digital Westlaw dan ScienceDirect, Kamis, 11 Januari 2024, di Ruang Auditorium Prof. Abdul Kadir Muhammad, Gedung A Fakultas Hukum Unila.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyosialisasikan sumber literatur digital yang dapat dimanfaatkan para dosen dan mahasiswa Unila, khususnya jurnal di bidang hukum, Westlaw bagi dosen dan mahasiswa di fakultas hukum.

Kepala Perpustakaan Unila Ir. Khairudin, S.T., M.Sc., Ph.D., Eng., dalam sambutannya menyampaikan, sampai saat ini banyak dosen dan mahasiswa yang belum tahu bahwa perpustakaan punya sumber literatur yang bermanfaat untuk digunakan dalam pengajaran, penelitian, dan pengabdian.

“Padahal itu kita sudah miliki sejak lama. Ditambah lagi baru-baru ini kita berlangganan Westlaw yang tentunya sangat bermanfaat bagi dosen, peneliti, dan mahasiswa S-3 di fakultas hukum,” ujarnya yang membuka acara mewakili Dekan Fakultas Hukum.

Secara garis besar, lanjutnya, terdapat dua jenis layanan yang ada Perpustakaan Unila yakni koleksi tercetak dan digital. Layanan koleksi tercetak berada di ruang sirkulasi dan ruang cadangan, bisa akses melalui katalog online opac.unila.ac.id.

Sementara layanan koleksi digital tersedia Digital Library (Digilib) Unila, Kubuku, BoJoPro (e-Book, e-Journal & e-Proceeding), serta terbaru, yakni ScienceDirect dengan tiga koleksi yakni engineering, social science and agriculture, dan Westlaw di bidang hukum.

“Harapannya semoga resource-resource yang kita miliki dapat bermanfaat bagi kegiatan sehari-hari dalam melakukan aktivitas pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan  pengabdian, yang nantinya bermuara pada indeks capaian utama universitas,” ujarnya.

Agenda Workshop Pemanfaatan Sumber Literatur Digital Westlaw dan ScienceDirect terdiri dari penyampaian materi cara mengakses dan menggunakan jurnal Westlaw yang disampaikan Farhan Avicenna dari PT Ina Publikatama, Exclusive Channel Partner for Westlaw Classic.

Kegiatan yang dimoderatori Asep Y. Komara ini dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab antara narasumber dan peserta workshop. Rangkaian roadshow workshop akan dilanjutkan ke tujuh fakultas lain yang ada di lingkungan Unila. (***)

Berita Terkait

Komentar