Malam Pembukaan Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) ke 40 dan Kongres ke 14 HATHI

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Malam pembukaan rangkaian acara Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) ke-40 dan Kongres ke 14 Himpunan Ahli Teknik Hidrolik Indonesia (HATHI) secara resmi dibuka pada Jumat (25/08/2023) di Gedung Serba Guna (GSG) Universitas Lampung (Unila).

HATHI merupakan organisasi yang bergerak dalam bidang teknik hidro melalui kegiatan pendidikan, training, seminar, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dengan sistem yang lebih terpadu guna memantapkan upaya dalam mengembangkan, memanfaatkan dan menyebar luaskan ilmu khususnya dibidang teknik hidro.

PIT HATHI bertujuan sebagai tempat bagi anggota HATHI untuk menyalurkan ide, gagasan, kemampuannya dalam mengatasi dan menjawab berbagai persoalan di bidang sumber daya air yang dihadapi saat ini dan masa yang akan datang.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani. D. E. A., IPM., Asean. Eng., menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan oleh HATHI dan menjadikan Unila sebagai tuan rumah di tahun 2023.

“Saya mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan undangan yang hadir pada acara ini. Merupakan suatu kehormatan yang luar biasa bagi kami dapat menjadi tuan rumah bagi gelaran prestisius, PIT40 HATHI 2023” ujarnya.

Sesuai dengan tema acara ini yaitu “Pengelolaan Sumber Dava Air untuk Meningkatkan Ketahanan dalam Menghadapi Perubahan Iklim untuk mencapai Pembangunan Berkelanjutan”, Prof. Lusmeilia memaparkan kekayaan alam provinsi Lampung.

“Lampung memiliki potensi besar dalam konsep pertumbuhan hijau. Dengan pengembangan infrastruktur keairan yang berbasis eko hidraulik, pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sumber daya air, dan pendekatan berkelanjutan dalam pertanian dan industri yang akan menjadi langkah strategis untuk menghadapi perubahan iklim” ujarnya.

Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerja sama antara Universitas Lampung dengan Himpunan Ahli Teknik Hidraulik Indonesia bersama 23 universitas lainnya melalui perwakilan perguran tinggi negri maupun swasta.

Unila pun mendapatkan hibah alat laboratorium untuk jurusan teknik sipil dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) dan akan tercatan di BMN serta dipergunakan untuk praktek mahasiswa, penelitian dosen dan mahasiswa Universitas Lampung.

Serah terima aset dari BBWS kepada perguruan tinggi di wilayah kerjanya adalah amanat Menteri PUPR dalam arahan PIT ke-39 di Mataram. Serah terima ini adalah bentuk fasilitasi HATHI sebagai wadah Kerjasama birokrasi dan akademisi, juga antara institusi perguruan tinggi.

Forum ini dihadiri oleh Sekretaris Jendral Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Ir. Mohammad Zainal Fatah, Gubernur Lampung Ir. Arinal Junaidi, Direktur di lingkungan sumber daya air, pimpinan universitas negeri maupun swasta, para kepala Balai Wilayah Sungai se Indonesia, Ketua dan Pengurus HATHI pusat dan HATHI cabang.

Dalam penyampaian laporan ketua umum HATHI, Ir. Jarot Widyoko Sp-1 menyampaikan peserta pada pertemuan ini mewakili 39 cabang yang ada di indonesia dan beberapa peserta menjadi pemakalah dengan karya ilmiah mengenai ancaman perubahan iklim dan global.

Sekjen Menteri PUPR Ir. Mohammad Zainal Fatah menyampaikan harapan untuk Hathi kedepannya agar terus meningkatkan profesionalisme dan kompetensi anggotanya agar dapat menjawab tantangan pengelolaan sumber daya air ke depan yg semakin kompleks.

Gubernur Lampung Ir. Arinal Junaidi mengajak para peserta yang hadir khususnya masyarakat Lampung agar tetap menjaga pertanian dengan memelihara irigasi air sawah yang fungsi masih sangat bagus. (***)

Berita Terkait

Komentar