Unila Mewisuda 1.221 Mahasiswa Periode VI Tahun Akademik 2022/2023

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Universitas Lampung (Unila) menggelar wisuda periode VI tahun akademik 2022/2023 bagi 1.221 mahasiswa dari berbagai jenjang dan program studi pada Sabtu (22/07/2023). Prosesi wisuda ini berlangsung di gedung serbaguna Unila.

Jumlah lulusan yang diwisuda terdiri dari tiga orang Program Doktor (S-3), 183 orang Program Magister (S-2), 957 orang Program Sarjana (S-1), dan 78 orang program Diploma.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., melaporkan, dengan bertambahnya jumlah lulusan Unila pada periode ini maka total lulusan Unila yang telah berkontribusi kepada bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia mencapai 128.272 orang.

Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., memberikan ucapan selamat dan penghargaan kepada para lulusan yang telah menyelesaikan studinya dengan baik. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada orang tua, dosen, tenaga kependidikan, dan semua pihak yang telah mendukung proses pendidikan di Unila.

Pemberian Penghargaan Kepada Wisudawan Terbaik pada Wisuda Mahasiswa Unila Periode VI Tahun Akademik 2022/2023, Sabtu (22 Juni 2023

Prof. Lusmeilia menekankan, wisuda merupakan momen penting yang menandai perubahan status dari mahasiswa menjadi alumni Unila. Ia mengajak para lulusan untuk memikul tanggung jawab sosial yang lebih besar sebagai doktor, magister, profesional, sarjana dan ahli madya.

Ia berharap, para wisudawan dapat menerapkan ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. “Seiring dengan perubahan status ini, berubah pula tanggung jawab saudara. Saudara juga harus terus belajar dan mengembangkan diri sesuai dengan perkembangan zaman,” katanya.

Selain itu, Prof. Lusmeilia meminta para lulusan untuk mengisi tracer study Unila sebagai bentuk umpan balik institusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan kurikulum. Ia juga mengingatkan para lulusan untuk menjaga nama baik almamater dan terus berkarya di masa depan.

“Jagalah nama almamater saudara, terus belajar dan berkarya, menciptakan lapangan pekerjaan baru untuk Indonesia maju dan Unila jaya,” ujarnya.

Prof. Lusmeilia memaparkan beberapa capaian Unila  hingga wisuda periode VI tahun akademik 2022/2023,  di antaranya, Unila menempati peringkat sembilan berdasarkan SCImago Institution Rankings tahun 2023, juara 1 Lomba Lagu Daerah dalam ajang Lampung Begawi 2023, juara 1 Matematika Jenius Science Competition tingkat nasional, dan medali emas kejuaraan taekwondo ATF UI Championship 2023 tingkat nasional.

Unila saat ini juga sedang melaksanakan beberapa program untuk mewujudkan cita-cita menjadi world class University (WCU). Selain itu, Unila terus melakukan berbagai persiapan untuk mengakreditasi internasional sejumlah program studi dan jurusan. Unila berhasil menempati urutan ke-12 dari 26 PTN yang terakreditasi QS di Indonesia dan masuk dalam 1400 besar dunia. (***)

Berita Terkait

Komentar