Karnaval IT Season X, Puluhan Pelajar SMA/K di Bandarlampung Belajar Coding bersama Dosen Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (Himsi) bersama Program Studi Sistem Informasi Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar Training Coding kepada pelajar SMA/K se Bandarlampung pada Jumat, (26/5/2023).

Training Coding langsung diajarkan oleh dosen Prodi Sistem Informasi Arman Suryadi Karim, S.Kom., M.T.I., dan Anggi Andriyadi, S.Kom., M.T.I. Keduanya memberikan langkah-langkah membangun website dengan phyton dan HTML. Adapun Training Coding diikuti 40 pelajar SMA/K merupakan rangkaian kegiatan dari Karnaval IT Season X. Sehari sebelumnya telah dilakukan pembukaan Karnaval IT dengan menggelar Seminar Nasional dan mengundang Branch Head of Gojek Lampung M. Kurnia Adiputra sebagai narasumber.

Salah satu pemateri, Anggi Andriyadi mengatakan bahwa pelajar SMA/K di Bandarlampung antusias dalam mengikuti kegiatan Training Coding. “Mereka sangat tertarik dengan materi membangun website dengan bahasa pemrograman,” ungkapnya.

Masih kata dia, terdapat beberapa materi yang diberikan diantaranya pemograman web, PHP, dan bootstrap. “Dengan training coding ini pelajar juga akan mengenal Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya,” ujarnya.

Sementara, Ketua Prodi Sistem Informasi IIB Darmajaya, Dr. Wasilah, S.Kom., M.T., mengatakan acara training coding yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi (SI) ini merupakan langkah yang sangat baik dalam memperluas pengetahuan dan keterampilan dalam bidang teknologi informasi. “Khususnya pemrograman berbasis artificial intellegence,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.

Menurutnya, training coding ini merupakan kegiatan yang sangat relevan dengan perkembangan dunia digital saat ini. “Kemampuan dalam pemrograman dan pengembangan perangkat lunak merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam berbagai sektor industri. Saya sangat mendukung upaya Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi untuk menularkan keilmuannya kepada adik-adik yang berasal dari berbagai SMA/SMK di Bandarlampung,” tuturnya.

Dr. Wasilah menambahkan training semacam ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk membangun jaringan kolaborasi yang kuat diantara peserta yang berasal dari berbagai SMA di Bandarlampung dengan civitas academica IIB Darmajaya. “Semoga kedepan pelajar SMA/K di Bandarlampung dapat menguasai coding sejak dini hingga memunculkan talenta-talenta baru di dunia IT Indonesia,” harapnya. (RLS/MATA2)

Berita Terkait

Komentar