Akhiri Dahaga 32 Tahun, Indonesia Raih Emas Sepakbola

MATALAMPUNG.COM – Penantian panjang pecinta bola akan medali emas sepak bola di SEA Games akhirnya berakhir pada 16 Mei 2023. Timnas Indonesia U-22 sukses menjadi juara sepak bola putra SEA GAMES 2023 setelah menang 5-2 atas Thailand di partai final yang berlangsung di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja.

Indonesia harus menunggu sampai 32 tahun untuk bisa menjadi juara SEA Games pada cabang olahraga atau cabor sepak bola putra. Terakhir kali Indonesia bisa juara di SEA GAMES 1991 saat masih diperkuat pemain seperti Eddy Harto, Yusuf Ekodono, Maman Suryaman, Widodo Cahyono Putro, Rocky Putiray dan Peri Sandria.

Alhamdulillah, Indonesia Rebut Emas Sepakbola SEA Games 2023
Pemain dan Official Timnas Indonesia U-22 Rayakan Mendali Emas Cabang Olah Raga Sepakbola Sea Games ke-32

Gol-gol kemenangan timnas Indonesia dikemas oleh Ramadhan Sananta (21’, 45+4), Irfan Jauhari (91’), Fajar Fathur Rahman (107’), dan Beckham Putra (120’).

Di lain sisi, dwigol Thailand ke gawang timnas Indonesia dibukukan oleh Anan Yodsangwal (65’) dan Yotsakon Burapha (90+7’).

Dalam pertandingan ini, wasit mengeluarkan empat kartu merah yang diberikan kepada Komang Teguh (Indonesia), Jonathan Khemdee (Thailand), Soponwit Rakyart (kiper Thailand), dan Teerasak Poeiphimai (Thailand).

Jalannya Pertandingan:

Timnas Indonesia memulai laga dengan sangat baik. Pasukan Indra Sjafri bisa memimpin dua gol lebih dulu di babak pertama melalui brace dari striker Muhammad Ramadhan Sananta.

Malapetaka terjadi di babak kedua. Thailand akhirnya bisa memperkecil ketertinggalan di menit 64. Pemain pengganti Anan Yodsangwal mencetak gol melalui sundulan meneruskan sebuah umpan penjuru.

Timnas Indonesia sempat berpesta di masa injury time karena mengira wasit sudah meniup peluit panjang dan pertandingan berakhir dengan 2-1. Namun ternyata wasit memberikan hadiah tendangan bebas, bukan mengakhiri pertandingan. Thailand malah bisa menyamakan skor di menit 90+7 lewat kelihaian pemain pengganti Yotsakon Burapha di kotak penalti. Tembakan kaki kanannya tak kuasa dibendung Ernando Ari.

Pertandingan pun berlanjut ke perpanjangan waktu 2×15 menit. Babak perpanjangan waktu baru dimulai, Indonesia bisa kembali unggul melalui Irfan Jauhari. Kesalahan passing pemain Thailand diselesaikan dengan dingin oleh Irfan lewat tendangan lob.

Usai gol tercipta terjadi keributan dahsyat di bangku cadangan melibatkan pemain Indonesia dan Thailand serta tim ofisial.

Wasit memberikan kartu merah kepada satu pemain Indonesia (Komang Teguh) dan satu pemain Thailand (Soponwit). Beberapa ofisial kedua tim juga diusir wasit akibat keributan usai gol Irfan Jauhari. Manajer timnas Sumardji jadi korban pemukulan oleh ofisial Thailand.

Di menit 101, Thailand kembali kehilangan satu pemain. Jonathan Khemdee diusir wasit karena melanggar pemain Indonesia pada serangan balik cepat.

Setelah unggul jumlah pemain, Indonesia mendapat begitu banyak peluang lewat Fajar Fathur Rahman, Bagas Kahfa, Marselino Ferdinan hingga Irfan. Namun tak ada yang menembus gawang Thailand. Babak pertama perpanjangan waktu berakhir.

Indonesia mencetak gol keempat di awal babak kedua perpanjangan waktu melalui Fajar yang melepaskan tendangan keras setelah meneruskan penetrasi Rio Fahmi.

Thailand kembali kehilangan satu pemainnya. Teerasak mendapat kartu kuning kedua di menit 118 hingga berbuah kartu merah. Indonesia menutup pertandingan dengan kemenangan 5-2 berkat sontekan pemain pengganti Beckham Putra. Gol Beckham mengakhiri laga dan Indonesia berhak meraih emas pertama di sepak bola sejak 1991. (***)

Berita Terkait

Komentar