Unila-Kemenkeu Ajak Mahasiswa Pahami Pajak dan APBN

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Universitas Lampung (Unila) bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (Kanwil DJP) dan Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) menggelar acara Kemenkeu-One Goes to Campus.

Acara yang mengusung tema “Generasi Muda Peduli APBN” diselenggarakan di Aula Student Centre Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unila, Rabu (7/09/2022).

Penyelenggaraan Kemenkeu-One Goes to Campus bertujuan untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa terhadap pentingnya pajak dan keberlangsungan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Dengan mengikuti kegiatan ini, mahasiswa diharapkan dapat menjadi agen yang dapat mengedukasi lingkungan sekitar tentang pajak, peduli, serta turut menjaga pengelolaan APBN untuk kemaslahatan rakyat Indonesia.

Kemenkeu-One Goes to Campus merupakan wujud implementasi kerja sama Unila dan Kanwil DJKN yang selama ini telah terjalin kuat sejak lama.

Prof. Ir. Suharso, Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan TIK Unila berharap, para dosen dan mahasiswa Unila menyalurkan kepakarannya melalui riset, pengabdian kepada masyarakat, dalam pengembangan SDM untuk mendukung peran DJKN dan DJP di tingkat nasional dan global.

“Mewakili Universitas Lampung, saya menyampaikan terima kasih kepada kanwil DJKN dan DJP yang melaksanakan kegiatan ini. Terima kasih juga kepada semua narasumber, mahasiswa, dan panitia yang terlibat menyukseskan kegiatan ini,” ujarnya.

Kepala Kanwil DJKN Lampung dan Bengkulu Dudung Rudi Hendratna mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat memberi pemahaman berbeda kepada mahasiswa terkait pajak, struktur APBN, dan lainnya.

Dengan memperkenalkan seperti apa pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) dan Aset Negara kepada mahasiswa, ia yakin tentunya akan tumbuh rasa sayang sehingga timbul keinginan untuk menjaganya bersama.

“Semoga adik-adik mahasiswa bisa memberikan insight-insight berbeda yang lebih pas terkait dengan pajak, kekayaan negara, struktur APBN, termasuk pula yang terkait hutang dan subsidi,” kata Dudung.

Selain Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung Sarwa Edi, acara Kemenkeu-One Goes to Campus turut dihadiri dekan FEB, dekan FH, dekan FISIP, dan para dosen di lingkungan Unila. (***)

Berita Terkait

Komentar