270 Mahasiswa Universitas Malahayati Bandar Lampung Ikuti Wisuda Periode ke-33 Tahun 2022

BANDAR LAMPUNG. Matalampung.com- Universitas Malahayati (Unmal) Bandar Lampung mewisuda 270 mahasiswa lulusan Pasca Sarjana, Strata satu, Diploma, dan Profesi Periode ke-33 di Gedung Graha Bintang, Sabtu (27/8/2022).

Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Dr. dr. Achmad Farich, MM dalam sambutannya mengatakan, pandemi Covid-19 hampir 3 tahun memaksa kita untuk mampu beradaptasi dengan banyak perubahan menuju era digital.

Dirinya mencontohkan, metode belajar, dari belajar tatap muka menjadi belajar online. Demikian juga, perpustakaan digital yang lebih banyak dikunjungi dari pada gedung perpustakaan.

Wisudawan dan wisudawati Universitas Malahayati Bandar Lampung Periodeke-33

“Saat ini, orang dapat melakukan banyak hal, hanya dengan menggerakkan jari-jari di smartphonenya,” ucap rektor, Sabtu (27/8/2022).

Menurut rektor, ada beberapa profesi diprediksi akan digantikan mesin atau robot dilengkapi kecerdasan buatan. SDM yang tidak menguasai kemampuan digital akan tersingkirkan dan hanya akan menjadi pengguna serta tersingkirkan di era digital ini.

“Saya berpesan kepada para alumni untuk terus belajar dan kuasai teknologi digital serta kuasai bahasa asing/internasional, karena persaingan pasar kerja makin mengglobal tanpa batasan lagi,” pesannya.

Rektor Achmad Farich mengatakan, kampus Unmal terus berbenah menghadapi era digital, diantaranya menerapkan kurikulum MBKM (Merdeka Belajar/Kampus Merdeka) dengan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat belajar di luar bidang ilmunya, memberikan kesempatan untuk ikut program magang dan banyak hal lain.

Unmal juga telah bekerjasama dengan Indonesian International Education Foundation dalam pelaksanaan ITP untuk mempersiapkan para mahasiswa dalam menguasai bahasa Inggris lebih baik lagi.

Unmal terus meningkatkan kualitas dosen. Saat ini telah banyak dosen Unmal yang pulang pendidikan S3/Program doctoral baik dari dalam ataupun luar negeri.

“Tahun ini saja, Unmal telah memberangkatkan 30 dosen untuk melanjutkan studi S3 ke PTN-PTN ternama di Indonesia,” terangnya.

“Dalam meningkatkan mutu pendidikan, sudah 90% Program Studi dan Institusi terakreditasi B atau Baik Sekali, bahkan Program Studi Kedokteran mencapai nilai maksimal (360) untuk Akreditasi Baik Sekali,” tambahnya.

Rektor Achmad Farich mengucapkan selamat kepada para lulusan dan Wisudawan Terbaik beserta orang tua dan keluarga, yang selama ini tidak henti-hentinya memberikan dukungan kepada para alumni.

“Semoga anak-anak kita, yang hari ini telah mendapat tambahan gelar akademik, akan mampu bersaing di dunia kerja serta akan selalu menjadi kebanggan bagi kita semua, berguna bagi nusa dan bangsa,” harapnya.  

Humas Universitas Malahayati Tarmizi mengatakan, ada yang berbeda pada wisuda hari ini. Para orangtua wisudawan diperbolehkan hadir tatap muka mengikuti proses wisuda, di mana sebelumnya hanya lewat daring dikarenakan pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Tarmizi mengucapkan selamat kepada seluruh wisudwan atas selesainya studi mereka di Universitas Malahayati Banda Lampung.

“Sukses buat wisudawan dan wisudawati, selamat menempuh awal baru memasuki dunia kerja dan jangan pernah lupa dengan almamater kalian,” ucapnya. (rls/Malahayatinews)

Berita Terkait

Komentar