Unila dan Kominfo RI Gelar Sosialisasi FGA Goes To Campus

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Lampung (Unila) Prof. Dr. Yulianto, M.S., memberi sambutan pada Sosialisasi Fresh Graduate Academy (FGA) Goes to Campus, diselenggarakan Pusat Pengembangan Profesi dan Sertifikasi Badan Litbang SDM Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Republik Indonesia, Selasa (21/06/2022) di Auditorium FEB Unila.

Kegiatan diikuti 200 mahasiswa tingkat akhir dan alumni yang berasal dari Unila dan berbagai perguruan tinggi di Kota Bandarlampung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan SDM Dr. Eng Hary Budiarto, M.Kom., IPM., Wakil Ketua Sub Pokja Fresh Graduate Academy DTS Fajar Rulhudana, S.I.Kom., M.Sc., Dekan FISIP Unila Dra. Ida Nurhaida, M.Si., Dekan Fakultas Ilmu Komputer Universitas Bandar Lampung Dr. Marzuki, S.Kom., M.Kom., dan direktur atau perwakilan perguruan tinggi se-Bandarlampung.

Prof. Yulianto menyampaikan, kerja sama Unila dan Kominfo RI pada program pelatihan Digital Talent School (DTA) FGA telah dimulai sejak 2020, melibatkan struktur dosen profesional di bidang IT dari Fakultas Teknik dan Fakultas MIPA Unila.

Total peserta yang ikut pada batch pertama tercatat 92 orang yang berasal dari provinsi Lampung, Jawa Barat, Riau, Jambi, Bengkulu, dan Sumatra Selatan. Pelatihan dilakukan secara online selama 210 jam dan di akhir pelatihan para peserta diberi pembekalan berupa pengembangan softskills selama 12 jam.

Di tahun ketiga, peminat pelatihan cukup banyak. Beberapa peserta tercatat berhasil mendapatkan sertifikasi internasional dari perusahaan teknologi dunia. Pelatihan FGA Batch 3 Tahun 2022 diselenggarakan 57 mitra pendidikan tinggi di seluruh Indonesia secara daring termasuk Unila.

Ia mengatakan, banyak benefit yang bisa didapatkan para alumni dan mahasiswa saat mengikuti pelatihan. Terutama berkesempatan untuk memiliki sertifikasi global serta gratis dan mampu bersaing di bidang industri di dalam dan luar negeri.

Dengan banyak benefit yang ditawarkan, Prof. Yulianto meminta para pimpinan perguruan tinggi yang hadir dapat menyebarluaskan informasi program FGA di lingkungan kampusnya.

“Kami mengimbau kepada seluruh dekan atau perwakilan dari kampus-kampus yang berasal dari Bandar Lampung agar bisa menyebarkan informasi ini kepada seluruh alumni dan mahasiswa tingkat akhir di perguruan tinggi masing-masing”.

Sesi pemaparan program FGA disampaikan secara langsung Dr. Eng Hary Budiarto, M.Kom., IPM. Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi dan pembagian merchandise bagi peserta atau digiers yang beruntung. (***)

Related posts

Komentar