UNILA Wisudakan 1.025 Mahasiswa

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Sebanyak 1.025 mahasiswa Universitas Lampung (Unila) mengikuti prosesi wisuda yang dihelat di GSG Unila, Sabtu (19/3/2022). Jumlah lulusan yang diwisuda pada periode IV ini terdiri dari empat orang lulusan program doktor, 85 orang lulusan program magister, 61 orang lulusan program profesi, 850 orang lulusan program sarjana, dan 55 orang lulusan program diploma.

Rektor Unila Prof. Karomani dalam sambutannya mengatakan jika menjadi wisudawan di era industri 4.0 membutuhkan komitmen yang kuat untuk bertanggung jawab dan berkontribusi secara sosial. Tantangan untuk menjaga persatuan bangsa dan negara merupakan kondisi nyata yang harus diwujudkan melalui iptek yang dimiliki para wisudawan.

“Hari ini negara kita membutuhkan sumbangan-sumbangan kalian yang konkret di tengah situasi pandemi dan berbagai tantangan global lainnya,” ujar Prof. Karomani.

Prof. Karomani berharap, 1.025 lulusan Unila yang diwisuda hari ini dapat memegang teguh ikrar sumpah alumni yaitu untuk taat pada Tuhan Yang Maha Esa dan ideologi negara.

“Apalagi di zaman teknologi informasi saat ini seperti bukan wajah Indonesia lagi yang katanya ramah, santun, toleran antarsesama. Kalau anda baca di media sosial hari ini, bangsa ini penuh caci maki dan ini adalah tantangan untuk mewujudkan ilmu kalian, menyejukkan bangsa dan negara bukan malah sebaliknya,” tegasnya.

Rektor Unila ini juga menyampaikan jika para wisudawan patut berbangga karena Unila saat ini telah meraih berbagai prestasi di bidang akademik dan nonakademik. Prestasi tersebut di antaranya peringkat 1 perguruan tinggi terbaik di luar pulau Jawa tahun 2022 versi webometrics, peringkat 9 universitas terbaik versi webometrics se-Indonesia tahun 2022.

Mahasiswa Unila pun tidak ketinggalan turut meraih berbagai prestasi. Misalnya meraih medali emas pada Asean Innovative Science, Economical, and Entrepreneur Fair 2022 di Universitas Diponegoro, juara 2 National Business Plan IUCC 2022, kemudian mahasiswa Unila lolos sebagai finalis putri dan putra pariwisata di Jerman dan Thailand untuk tahun 2022.

Upacara wisuda daring periode IV Unila tahun akademik 2021/2022 dilakukan dengan menerapkan prokes ketat dan dihadiri sejumlah perwakilan wisudawan secara offline di GSG kampus setempat. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswan dan Alumni Prof. Yulianto melaporkan total lulusan Universitas Lampung yang telah disumbangkan kepada bangsa dan negara Republik Indonesia sampai dengan wisuda periode IV tahun Akademik 2021/2022 sejumlah 120.266 orang. (***)

Berita Terkait

Komentar