UNILA Selenggarakan Diklat Mahasiswa KIP

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Univesitas Lampung menggelar kegiatan Diklat Mahasiswa KIP Angkatan 2021 Semester Genap, Rabu (16/03/2022) di Gedung Serba Guna (GSG) Unila.

Dalam sambutannya, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaaan dan Alumni, Prof. Dr. Yulianto, M.Si., mengatakan jika mengikuti proses pembelajaran di masa pandemi tidaklah mudah. Terjadinya perubahan yang semula tatap muka menjadi daring, mau tidak mau harus dihadapi mahasiswa selama pandemi.

Dua tahun sudah mahasiswa bergulat dengan kondisi baru. Selain harus fokus belajar dan mengejar prestasi, mereka harus menghadapi tantangan beradaptasi mengikuti model belajar yang kini lebih bervariasi.

“Kondisi Covid-19 memang membuat perubahan di semua aspek terutama di kehidupan kampus yang kita cintai ini, di mana para mahasiswa mengalami kesulitan mengikuti berbagai kegiatan akademik maupun nonakademik,” ujarnya.

Meskipun ke depan proses pembelajaran tatap muka bisa kembali dilakukan, Prof. Yulianto mengatakan, kondisi tidak akan dapat kembali seperti sebelum pandemi muncul.

Mahasiswa akan menjalani kehidupan kenormalan baru di mana tetap menerapkan protokol kesehatan dan pola pembelajaran seperti saat ini.

Kegiatan diklat bagi mahasiswa penerima KIP angkatan 2021 semester genap fokus pada pembinaan dan pembekalan pengetahuan mengenai pola pembelajaran mahasiswa selama pandemi.

Dengan mengangkat tema “Pola Pembelajaran Saat Pandemi Covid-19 sebagai Tantangan Mahasiswa Belajar dan Berorganisasi”, diklat yang diselenggarakan di GSG Unila tersebut diharapkan mendorong mahasiswa KIP lebih aktif melakukan kegiatan serta fokus pada peningkatan prestasi.

“Kenapa kami menekankan pada prestasi mahasiswa yang harus meningkat? Karena mahasiswa KIP ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang masuk dengan prestasi. Oleh sebab itu kami berharap adik-adik mahasiswa akan mudah kami bina, kita arahkan, dan kita tingkatkan prestasinya baik akademik maupun nonakademik,” kata Prof. Yulianto.

Diklat Mahasiswa KIP Unila turut dihadiri kepala Biro Kemahasiswaan dan Akademik (BAK) Unila, para subkoordinator Bidang Kemahasiswaan, dan tim Kemahasiswaan BAK Unila.

Adapun materi yang diterima para mahasiswa antara lain tentang Peran Mahasiswa KIP dalam Kegiatan Akademik dan Nonakademik oleh Sri Sulastuti, S.H., M.H., Pengembangan Inovasi Pembelajaran Daring oleh Albet Maydiantoro, S.Pd., M.Pd., Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengelolaan Ormawa oleh Aristoteles, S.Si., M.Si., Membidik Prestasi Nasional dan Internasional di Masa Pandemi Covid-19 oleh Hartono, S.Sos., M.A. (***)

Berita Terkait

Komentar