Penelitian Dosen Universitas Malahayati, Manfaat Serai Wangi Usir Nyamuk Demam Berdarah

Matalampung.com, BANDARLAMPUNG – Sempat meneliti pada 2019, Rektor Universitas Malahayati Bandar Lampung, Achmad Farich paparkan pengaruh Serai wangi terhadap pencegahan demam berdarah dengue di masyarakat.

Hasil penelitian menyimpulkan, bahwa tanaman serai wangi berpengaruh terhadap penurunan jentik nyamuk di tempat-tempat penampungan air. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Gadingrejo (Kelompok Intervensi) dan Kecamatan Pringsewu (Kelompok Kontrol) dengan desain pre-post test control group design dengan sampel 120 orang.

Dalam prosesnya, terdapat perbedaan skor median pengetahuan, sikap dan perilaku antara kelompok intervensi dengan kelompok kontrol. “Hasil analisis, pada kelompok intervensi terjadi penurunan dari kategori tinggi menjadi kategori rendah terhadap perkembangbiakan jentik nyamuk, sedangkan pada kelompok kontrol masih terjadi peningkatan perkembangbiakan jentik nyamuk,” ungkap Achmad Farich, Senin (22/2/2022).

Berdasarkan penelitian tersebut, Achmad Farich mengajak masyarakat menggalakan penanaman serai wangi di pekarangan maupun di dalam rumah karena sangat bermanfaat untuk mengusir nyamuk serta bisa digunakan sebagai bahan rempah masakan dan memiliki nilai ekonomis. (*)

Berita Terkait

Komentar