99 Dokter Baru Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Mengambil Sumpah Profesi

BANDAR LAMPUNG (Matalampung.com) : Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati (Unmal) menggelar pengambilan Sumpah Dokter Ke-55 dengan tema ‘Semangat dan Integritas Dokter Yang Unggul Untuk Bersatu dan Bangkit Dari Pandemi’. Prosesi pengambilan Sumpah Dokter dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom mengikuti protokol kesehatan Covid-19 yang ketat, Rabu (13/1/2021).

Sumpah Dokter dilaksanakan setelah para mahasiswa sudah dinyatakan lulus program profesi dokter melalui tahap Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) pada bulan November 2020 lalu. Sekitar 99 mahasiswa dan mahasiswi Fakultas Kedokteran Unmal membacakan ikrar sumpah dokter, sebanyak 12 poin yang dibacakan oleh Dekan Fakultas Kedokteran Unmal dr. Toni Prasetia., Sp.PD., FINASIM.

“Selamat, sebagai orang tua di kampus dan di rumah kami sangat bangga atas pencapaian yang diperoleh kalian saat ini, selamat atas keberhasian yang telah dicapai. Ini merupakan cita-cita yang panjang semua proses sudah dilalui dengan baik, semua kelebihan dan kekurangan itu adalah suatu anugerah. Kita harus bersyukur ini adalah pembuktian kita kepada dunia,” Kata Toni Prasetia dalam sambutan acara.

Dekan Fakultas Kedokteran Unmal dr. Toni Prasetia., Sp.PD., FINASIM

Toni juga menambahkan, bahwa profesi dokter itu tidaklah mudah, banyak sekali rintangan yang harus dihadapi. Toni juga berpesan kepada dokter baru, ini bukanlah akhir melainkan awalan yang harus ditempuh untuk perjuangan kedepannya.

“Ini adalah awal pintu masuk kita untuk kesuatu ruangan yang akan menjadi tempat perjuangan dan ladang amal, seperti apakah kita akan mengabdikan kepada pemerintah, masyarakat ataupun suatu perusahaan tergantung pilihan dan cita-cita yang akan diraih. Saya juga mengingatkan kepada para dokter baru untuk selalu menjaga nama baik almamater dan nama baik orang tua, karena kedepannya akan ada banyak rintangan yang harus dihadapi,” tambah Toni Prasetia.

Rektor Universitas Malahayati, Dr. dr. Achmad Farich, M.M., mengatakan dalam sambutannya mengapresiasi atas keberhasilan dan sumbangsih Fakultas Kedokteran yang telah meluluskan dokter baru. Dan Rektor Unmal juga berpesan agar dokter baru bisa memberikan contoh yang baik kepada masyarakat, apalagi sekarang ini pada masa pandemi Covid-19.

“Hari ini menjadi suatu keberhasilan Fakultas Kedokteran yang telah meluluskan 99 dokter baru, artinya inilah sumbangsih dari Universitas Malahahayati terhadap bangsa dan negara, kita sudah meluluskan alumni yang siap membantu dan mensejahterakan masyarakat. Dimasa Pandemi Covid-19 ini peran dokter baru sangat berat, karena sebagai garda terdepan dan juga harus bisa juga memberikan contoh kesehatan kepada para masyarakat,” ucap Achmad Farich.

Dalam kesempatan ini pula Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Perwakilan Provinsi Lampung yang diwakili oleh Dr. dr. Fatah Satya Wibawa, Sp. THT-KL, menyampaikan selamat kepada para dokter baru. “Pegang selalu Sumpah Dokter dan Kode Etik Kedokteran Indonesia baik yang secara tertulis dan yang diucapkan, dapat diamalkan dan diimplementasikan kepada masyarakat. IDI juga berpesan kepada dokter baru jadi pada saat pandemi saat ini, jaga diri dengan cara mematuhi protokol kesehatan, jadi teladan bagi lingkungan, dan jadilah motivator perubahan,” kata Fatah Satya Wibawa. Acara ini juga dihadiri oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Provinsi Lampung, IDI Wilayah Kota Bandar Lampung, Direktur Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin (RSPBA), Pengawas Yayasan Alih Teknologi, Plh. Wakil Rektor I, Wakil Dekan Fakultas Kedokteran, Ka. Prodi Profesi dr, dan para dosen Fakultas Kedokteran dan akademisi Universitas Malahayati. (MATA2)

Berita Terkait

Komentar