Agar-agar Roti Tawar Pilihan Sajian Berbuka Puasa Saat Di Rumah Aja

Bandar Lampung (Matalampung.com): Awal Ramadan menjadikan momen keluarga untuk dapat berkumpul bersama apalagi saat pandemi Covid-19 saat ini mengharuskan kita untuk tetap di rumah. Agar tidak bosan saat di rumah, keluarga dapat menemukan ide-ide baru dalam mempersiapkan menu berbuka puasa.

Salah satu menu yang bisa dicoba adalah agar-agar roti tawar, selain mudah membuatnya agar-agar roti tawar yang disajikan dalam keadaan dingin sangat nikmat dalam menghilangkan haus selama satu hari berpuasa.

Bahan-bahannya pun tidak sulit diproleh selain memang sebagian pasti tersedia di rumah, sebagian dapat dibeli di warung- warung terdekat.

Bahan-bahan yang harus disiapkan dalam membuat agar-agar roti tawar diantaranya, Roti tawar 10 lembar tanpa kulit, Susu kental manis empat sachet, Gula Pasir satu gelas belimbing, margarin tiga sendok, agar-agar cap walet dua sachet, coklat bubuk satu sachet dan telur 2 butir.

Pertama-tama masukan potongan roti, 250 mili air putih, susu cair 300 mililiter dan telur dua butir ke dalam blender hingga halus. Kemudian tuangkan gula pasir 10 sendok makan, dua bungkus agar-agar, air mineral empat gelas belimbing atau setara satu liter air dan tiga bungkus susu kental manis ke dalam panci lalu masak hinga mendidih sambil diaduk-aduk merata.

Setelah mendidih campurkan adonan yang trlah di blender tadi bersama margarin tiga sendok makan, aduk rata hingga mendidih. Setelah itu sebagian tuangkan kedalam wadah terpisah. Campurkan bubuk cokelat ke wadah terpisah lalu aduk hingga merata.

Siapkan loyang atau cetakan, masukan adonan yang telah dibagi menjadi dua bagian tersebut secara bergantian agar membentuk motif sesuai selera. Setelah selesai, dinginkan di dalam lemari es kurang lebih satu jam. Agar-agar roti tawar siap disantap saat berbuka puasa tiba. (MATA1)

Related posts

Komentar