Unila Selenggarakan Penyerahan dan Pelepasan Mahasiswa KKN Periode II 2024

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Universitas Lampung (Unila) adakan penyerahan dan pelepasan 857 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) periode II tahun 2024. Kegiatan ini berlangsung di Gedung Serbaguna (GSG) Unila, Jumat (21/06/2024).

Penyerahan dan pelepasan mahasiswa KKN periode II ini dibuka dengan penampilan seni tari dari mahasiswa Prodi Pendidikan Seni Tari Unila.

Kegiatan juga dihadiri Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., IPM., ASEAN Eng., OPD Kabupaten Lampung Timur, jajaran pimpinan lingkungan Unila, para wakil rektor, para dekan, ketua lembaga, para kepala biro, pengelola KKN Unila, tim LPPM, serta para mahasiswa peserta KKN.

KKKN merupakan salah satu bentuk implementasi dari tridarma perguruan tinggi, yang mencakup pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

KKN merupakan kesempatan emas bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu pengetahuan yang telah mereka peroleh selama kuliah sekaligus untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat guna memberi solusi atas permasalahan yang ada.

Prof. Lusmeilia Afriani melalui sambutannya menyampaikan tujuan utama KKN adalah membantu pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya pemberdayaan masyarakat.

“Dengan segala kerendahan hati kami dari Unila mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Lampung Timur telah memberikan pembimbingan, sehingga mahasiswa kami dapat belajar secara optimal di desa tempat KKN dilaksanakan,” ungkapnya.

Diketahui para mahasiswa akan melaksanakan KKN selama 40 hari. Mahasiswa yang akan ber-KKN berjumlah 857 orang, dari Unila sebanyak 849 orang dan UNIB berjumlah delapan orang.

Masing-masing peserta KKN digolongkan menjadi delapan jenis yaitu KKN reguler, bilateral, siger berjaya, internasional, kebangsaan, PKKM, dan KKN tematik biologi.

Selanjutnya untuk mahasiswa konversi MBKM sebanyak 32 orang dan PLP FKIP 32 orang. Jadi, total mahasiswa MBKM secara keseluruhan sebanyak 83 orang.

Adapun program kegiatan KKN periode ini mencakup stunting, peningkatan kesadaran lingkungan, infrastruktur desa, pengembangan usaha mikro, administratif berbasis digitalisasi, pendidikan, kesehatan, serta program pemberdayaan perempuan dan anak.

Ketua LPPM Dr. Eng. Ir. Dikpride Despa, S.T., M.T., IPM. ASEAN Eng., dalam sambutannya menyampaikan pesan kepada para mahasiswa dan apresiasi kepada para dosen pembimbing lapangan yang telah siap mendampingi mahasiswa selama menjalankan KKN.

“Manfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk belajar dan mengabdi. Jalinlah komunikasi yang baik dengan masyarakat setempat. Hargai budaya dan kearifan lokal, serta tunjukkan sikap santun dan profesional. Bekerjalah dengan penuh tanggung jawab dan dedikasi,” ungkapnya.

Melalui kegiatan KKN diharapkan para mahasiswa dapat memberi manfaat besar bagi masyarakat di Lampung Timur, serta memperkuat hubungan antara Unila dan pemerintah daerah serta masyarakat setempat. (***)

Berita Terkait

Komentar