Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru di Masa Pandemi, Ini Cara Daftar Masuk Universitas Malahayati

BANDAR LAMPUNG (Matalampung.com) : Universitas Malahayati (Unmal) kembali membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru yang ingin melanjutkan kejenjang pendidikan lebih tinggi. Universitas Malahayati memiliki lima fakultas seperti Kedokteran, Hukum, Teknik, Kesehatan Masyarakat (Kesmas), dan Ekonomi.

Kampus Unmal membuka pendaftaran secara online yang dapat diakses dengan mudah oleh semua lulusan SMK/SMA. Pendaftaran dapat diakses di website http://pendaftaran.malahayati.ac.id/.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Malahayati, Afit Afrizal, S.SI.,MM. mengatakan untuk tahun ini Universitas Malahayati membuka pendaftaran mahasiswa baru (maba) dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya. “Tahun ini kita membuka pendaftaran dari awal hingga akhir prosesnya nanti secara online, karena kita mengurangi resiko Covid-19,” ucapnya, Kamis (14/1/2021).

Afit menjelaskan, mengenai alur yang harus dilalui oleh para calon mahasiswa yang ingin mendaftar di Universitas Malahayati. Sebelumnya calon mahasiswa diharuskan memiliki alamat email yang valid dan mempersiapkan diri untuk wawancara secara daring.

“Nanti pada saat akan mendaftar calon mahasiswa harus memiliki alamat email yang valid, tujuannya agar dapat membuka dan membaca pesan yang dikirim panitia pmb secara otomatis saat proses pendaftaran online. Setelah mendapat login dari panitia pmb, mahasiswa harus melakukan pengisian data dan pembayaran, setelah bukti berkas sudah dikirim dan dilaporkan kepada admin secara lengkap, nanti admin akan memberikan user dan password untuk melakukan test secara online,” jelas Afit.

Proses pendaftaran diprioritaskan secara online walaupun tetap melayani calon mahasiswa secara offline atau yang datang langsung ke kampus. “Pendaftaran mahasiswa baru (Maba) tetap dilakukan secara online atau datang langsung ke kampus, tesnya bisa juga dilakukan di ruangan pmb,” kata Afit.

Afit juga menambahkan, setelah dinyatakan lulus ujian tertulis akan dilakukan wawancara kepada calon mahasiswa, melalui aplikasi whatsapp, zoom atau lainnya. “Nanti setelah semuanya sudah selesai akan kita lakukan wawancara via daring kepada orang tua dan calon mahasiswa, mengenai prosedurnya dan biaya. Jika semuanya telah selesai barulah bisa dinyatakan sebagai mahasiswa Universitas Malahayati,” tambahnya.

Kampus Universitas Malahayati memberikan fasilitas kepada mahasiswa baru berupa asrama gratis selama empat tahun dan laundry. Untuk fasilitas asrama yang ada di dalam kampus Unmal memberikan Bimbingan agama dan baca Alquran, Bimbingan pelajaran dari dosen pendamping, tempat tidur, lemari pakaian, dan fasilitas olah raga.

Universitas Malahayati memiliki beasiswa untuk para calon mahasiswa yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi. Adapun beasiswa Unmal yang dimiliki seperti Beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Prestasi, Beasiswa Anak Yatim, Beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Berdasarkan data dari bagian administrasi, Universitas Malahayati tahun 2020 sudah memberikan beasiswa. Diantaranya, beasiswa anak yatim 156 orang, Bidik Misi 64 orang, beasiswa prestasi lebih dari 200 orang, beasiswa PPA 40 orang per tahun, dan beasiswa Kartu Indonesia Pintar 100 orang. (MATA2)

Berita Terkait

Komentar