Site icon Mata Lampung

Rombongan Direktorat SDM Kementerian Pendidikan Nasional Madagaskar Sambangi IIB Darmajaya

MATALAMPUNG.COM, Bandarlampung – Direktorat Sumber Daya Manusia Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Nasional Republik Madagaskar melakukan kunjungan dan studi banding ke Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya pada Senin, 29 Juli.

Kunjungan yang dipimpin Direktur SDM Kementerian Pendidikan Nasional Republik Madagaskar Jeremia Angelie diterima langsung Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I. dengan didampingi Wakil Rektor Bidang Nonakademik Muprihan Thaib, S.Sos., M.M.

Diskusi dipandu Kepala UPT International Office Rahmalia Syahputri yang dibuka dengan sambutan Chief Kabinet, Chan Ki Kiong Alain.  “Kami ingin mengetahui pendidikan di Indonesia khususnya proses SDM yang dilakukan oleh sekolah maupun perguruan tinggi ,” ucap Chan Ki Kiong Alain.

Tak lupa, Ia juga menyampaikan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh IIB Darmajaya dalam kunjungan bersama rekan-rekannya. “Proses perekrutan tenaga pengajar untuk sekolah dan perguruan tinggi akan menjadi masukan kepada kami di Direktorat SDM untuk disampaikan ke Menteri Pendidikan Nasional Madagaskar,” ujarnya.

Alain juga menanyakan terkait prosedur pelaksanaan mahasiswa asal Madagaskar berkuliah di IIB Darmajaya. “Bagaimana caranya ada siswa yang ingin kuliah disini. Terus bagaimana beasiswa bila kuliah di perguruan tinggi disini,” imbuhnya.

Sementara, Wakil Rektor Bidang Akademik IIB Darmajaya Dr. Sutedi, S.Kom., M.T.I. mengucapkan terima kasi telah memilih berkunjung ke IIB Darmajaya untuk studi banding terkait pendidikan di Indonesia. “IIB Darmajaya juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa asing yang menempuh pendidikan S1 maupun S2 tiap tahunnya,” ucap dia menjawab pertanyaan dari salah satu perwakilan Kementerian Pendidikan Nasional Madagaskar.

IIB Darmajaya, lanjut dia, siap membantu dalam pelatihan untuk tenaga pengajar sekolah maupun dosen di perguruan tinggi Republik Madagaskar. “Kita akan kerjasamakan untuk pelatihan tersebut,” tuturnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan presentasi dari perwakilan SMA TMI oleh Kepala SMA TMI Tri Puji Astuti terkait pembelajaran di SMA TMI yang sangat menginspirasi delegasi dari Madagaskar.

Rahmalia menyampaikan bahwa IIB Darmajaya sangat mendukung kerjasama dalam peningkatan kualiatas SDM warga Madagaskar. “Tahun ini, kami menerima 4 orang untuk kuliah di IIB Darmajaya. 3 orang untuk belajar bahasa dan budaya melalui beasiswa Darmasiswa Pemerintah Indonesia dan 1 orang untuk kuliah sarjana 4 tahun dengan pembiayaan penuh dari IIB Darmajaya melalui program International Degree Scholarship,” tutupnya. (**)

Exit mobile version