Site icon Mata Lampung

Unila Gelar Tes Substantif PPG Prajabatan Tahun 2022

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Program Studi (Prodi) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Lampung (Unila) melaksanakan Tes Substantif bagi 732 Calon Mahasiswa PPG Prajabatan Tahun 2022.

Kegiatan yang berlangsung dua hari mulai 27 hingga 28 Juli 2022 ini digelar di dua lokasi, yakni Laboratorium Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT TIK) dan Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran (FK) Unila.

Laboratorium UPT TIK Unila menyediakan delapan ruang tes, sedangkan pada Laboratorium Komputer FK Unila terdapat lima ruang tes. Selama proses tes, panitia penyelenggara tetap menerapkan protokol kesehatan ketat guna mencegah penyebaran Covid 19 yang masih ada.

Adapun jumlah peserta yang hadir untuk mengikuti tes sebanyak 679 calon mahasiswa PPG sementara 53 peserta lainnya tidak hadir.

Tes substantif terdiri dari tiga sesi, dua sesi digelar pada hari pertama dan satu sesi di hari kedua. Tes substantif terbagi atas tiga subtes antara lain, tes konten, literasi membaca, dan literasi numerasi.

Dalam pelaksanaan tes setiap ruang didampingi pengawas, proktor, admin jaringan, dan proktor utama yang bertugas mendampingi peserta jika terjadi permasalahan teknis maupun terdapat kendala pada aplikasi tes.

Aplikasi tes menggunakan Exam Browser yang dikembangkan langsung Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Hasil tes akan otomatis terkirim ke server panitia pusat yang kemudian diumumkan melalui akun Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Profesional Berkelanjutan (SIMPKB) masing-masing calon mahasiswa.

Berdasarkan https://ppg.kemdikbud.go.id/news/pengumuman-pendaftaran-seleksi-calon-mahasiswa-ppg-prajabatan-2022, pengumuman hasil tes substantif rencananya dilaksanakan pada 18 Agustus 2022.

Amarullah selaku Proktor Utama mengatakan, peserta merasa enjoy selama mengerjakan CBT, baik yang digelar di UPT TIK maupun Laboratorium Komputer FK. Selain teknisi yang andal, pelaksanaan tes didukung layanan IT dengan bandwidth berkecepatan tinggi.

“Meski server sempat down dari server pusat, tapi sudah teratasi dalam sepuluh menit. Selama pelaksanaan CBT, seleksi subtantif berjalan lancar dan kondusif,” ujarnya ketika dihubungi melalui telepon seluler.

Siti Muhajiroh, salah satu calon mahasiswa PPG mengaku cukup puas dengan layanan IT yang diberikan Unila. “Alhamdulillah enjoy mengerjakan soal tes PPG di Unila. Teknisinya andal, pengawasnya juga ramah,” ujarnya. (***)

Exit mobile version