Temukan Ratusan Data Pemilih Bermasalah, Bawaslu Akan Surati KPU

MATALAMPUNG.COM, Bandar Lampung – Upaya Bawaslu Kota Bandar Lampung dalam pengawasan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan tahun 2022 membuahkan hasil, ini terbukti masih ditemukannya 134 pemilih bermasalah.

Candrawansah Ketua Bawaslu Kota Bandar Lampung saat dihubungi awak matalampung.com via telepon membenarkan bahwa Bawaslu Kota Bandar Lampung menemukan 134 pemilih bermasalah pada Daftar Pemilih Tetap Pilkada 2020 dimana sesuai regulasi bahwa DPT terakhir merupakan dasar data pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan, Rabu (29/06/2022).

“Dari hasil pencermatan yang kami lakukan kami menemukan pemilih dengan kategori dibawah umur sebanyak 35 orang dan pemilih dengan elemen data pemilih yang salah sebanyak 99 orang jadi total 134 orang dan kami juga sudah melakukan uji petik terhadap pemilih bermasalah tersebut”, ucap Candrawansah mantan Tim Asistensi Bawaslu Lampung.

Lebih lanjut saat dikonfirmasi dirinya (Candrawansah) mencontohkan kami menemukan pemilih yang masih berumur 9 tahun ada juga 14 tahun dan terkait pemilih dengan elemen data pemilih yang salah kami temukan pemilih dengan tahun lahir 2982 dan 2968.

“Terkait hal ini kami akan segera kirimkan surat saran perbaikan ke KPU Kota Bandar Lampung beserta data by name by addressnya dan kami minta kepada KPU data tersebut diperbaiki untuk dimutakhirkan pada periode DPB selanjutnya”, pungkas Candrawansah. (***)

Berita Terkait

Komentar